by

Berharap Kesejahteraan Guru Honorer Diperhatikan

Ambon, BKA- Kepala SD Negeri 2 Latihan SPG Ambon, Rosina Hattu, berharap, pemerintah dapat memperhatikan kesejahteraan guru honorer, lewat Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Untuk itu, Hattu sangat mendukung adanya seleksi PPPK tersebut.

“Kita pasti harapkan yang terbaik bagi teman-teman guru honorer, yang sudah mengabdi bertahun-tahun. Bahwa selama ini, mereka tidak mengeluh dengan upah mereka. Justru mereka tetap semangat ditengah pandemi ini. Oleh karena itu, sangat diharapkan pemerintah dapat memperhatikan mereka,” harapnya.

Apalagi lanjut dia, upah PPPK sudah disetarakan dengan PNS. Tentu akan memacu semua orang, khusus calon guru untuk berlomba-lomba menjadi PPPK.

Dengan banyaknya animo guru yang ingin menjadi PPPK, maka seleksi akan dilakukan dengan baik, dengan mempertimbangkan kualitas guru.

Sistem seleksi yang baik, sudah pasti kualitas terbaik juga yang akan terpilih. Itu akan berpengaruh terhadap kualitas pendidikan juga.

Padahal dia berharap, PPPK dapat mengakomodir semua guru honorer yang ada. Tapi kalau dilakukan seleksi, maka ada kemungkinan guru honorer yang mengabdi bertahun-tahun tidak terakomodir.

“Kita berharap, PPPK ini dapat mengakomodir guru honorer yang telah bertugas bertahun-tahun. Tapi kalau pakai persyaratan lulus atau tidak berdasarkan ujian, maka bisa saja yang tidak pernah honor jadi PPPK. Lalu guru honorer dikemanakan. Jadi kita harapkan, seleksi PPPK ini bisa prioritaskan guru honorer, guna menjawab apa yang menjadi harapan mereka selama ini,” pungkas Hattu. (LAM)

Comment