by

Berolahraga Harus Pakai Masker

Ambon, BKA- Satgas Covid-19 Kota Ambon mulai membatasi segala jenis aktivitas di luar rumah dengan tetap menganjurkan masyarakat mengedepankan protokol kesehatan. Salah satunya dengan memakai masker, meski saat berolahraga di tempat keramaian.

“Jika tidak mau menggunakan masker saat berolahraga, maka masyarakat sebaiknya berolahraga mandiri saja di rumah,” pesan Koordinator Fasilitas Umum Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Ambon, Richard Luhukay, kepada wartawan, Minggu (27/12).

Menurutnya, awalnya dalam Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 25 tahun 2020, belum mengatur secara detail tentang persoalan berolahraga di luar rumah menggunakan masker. Namun seiring waktu berjalan, maka telah dikeluarkan aturan dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI, tentang Penggunaan Prokes di area fasilitas umum, termasuk tempat olahraga. Yakni sesuai aturan Kemenkes RI nomor 01.07/Menkes/82/2020,

“Maka dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, kegiatan olahraga baik ringan, sedang dan berat di area fasilitas umum harus menggunakan masker,” tegasnya.

Berdasarkan aturan tersebut, sambung dia, otomatis telah menjadi suatu perintah yang wajib dilakukan oleh semua pihak, jika ingin berolahraga di luar rumah.

“Sekali lagi saya katakan, yang diatur itu ketika berolahraga di luar rumah. Kalau didalam rumah atau secara mandiri, tidak menggunakan masker juga tidak masalah,” ujarnya.

Dia menambahkan, apapun anjuran yang dikeluarkan Pemerintah Pusat (Pempus) kemudian ditindaklanjuti oleh Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/kota, semua memiliki tujuan baik dalam memutus mata rantai penyebaran corona.

“Berbagai kebijakan dalam bentuk aturan yang dikeluarkan, semata-mata hanya untuk memutus penyebaran Covid-19. Hal ini sangat dibutuhkan dukungan dari semua pihak, agar bersama memerangi wabah tersebut,” pungkas Luhukay. (BKA-1)

Comment