by

Berupaya Materi BDR Kreatif

Ambon, BKA- Pihak sekolah terus mendorong agar guru dapat membuat materi pembelajaran yang lebih kreatif kepada siswa. Hal itu penting untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Apalagi saat ini, proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar Dari Rumah (BDR) masih terus dilakukan. “Saya selalu ingatkan guru, bahwa sekarang ini, tantangannya berbeda. Untuk itu, kita dua kali harus lebih kreatif dari biasanya. Artinya, anak-anak jadi semangat atau tidak, itu tergantung pola belajar yang kita siapkan. Selain teknik pembelajaran, materi pun harus bisa menarik perhatian mereka. Karena dengan PJJ yang belum tahu kapan selesai ini, bisa saja membuat anak-anak tidak semangat belajar. Sehingga kita perlu siapkan strategi untuk mengantisipasi dampaknya,” ujar Kepala SD Inpres 22 Ambon, Ch. Atamimi, Minggu (8/11).

Menurutnya, selama BDR masih diberlakukan, rumah merupakan tempat menuntut ilmu bagi anak-anak. Maka secara otomatis, orangtua masih tetap berperan ganda, yakni, sebagai orangtua dan guru. Dengan harapan, orangtua dapat membantu guru menjalankan tugasnya sebagai pendidik.

“Di sini, diperlukan strategi. Baik dari orangtua maupun guru, agar anak menjadi kreatif. Karena rumah sebagai ruang belajar di masa darurat Covid-19, menjadi hal menantang bagi orangtua dan guru. Bahwa orangtua mau tidak mau, harus dapat menjadi guru bagi anaknya dan memuungsikan rumah sebagai tempat anaknya belajar dan menuntut ilmu. Sedangkan guru harus berinovasi, meningkatkan kreatifitasnya. Sebab, sebelumnya sekolah adalah rumah kedua bagi anak, tapi di tengah pandemi Covid-19 ini keadaan berbalik menjadi rumah sebagai sekolah untuk anak. Artinya, sebelum PJJ, kita belajar dengan anak di sekolah, kini kita belajar tidak tatap muka. Kondisi ini mendorong kita harus mencari pola yang sesuai, agar tidak berdampak buruk bagi anak. Dan bagi saya, itu kreatifitas dan inovasi yang penting. Sehingga itu terus didorong,” ucap Atamimi.

Dirinya berharap, orangtua tetap semangat mendampingi dan mengawasi anak-anak selama belajar di rumah. Demi menjaga anak tetap bebas dari penyebaran virus

“Ini menjadi tugas bersama guru dan orangtua. Dengan demikian, kita terus berharap, orangtua tetap mendukung PJJ ini agar tetap berjalan baik. Kita berdoa, dengan kerjsama yang dibangun, kita cepat kembali belajar tatap muka,” harapnya. (LAM)

Comment