by

Berupaya Melakukan Penilaian Secara Maksimal

Setelah melakukan ujian sekolah (US) bagi siswa kelas VI, pihak SD mulai siapkan proses penilaian kenaikan kelas bagio siswa kelas I hingga kelas V.

Tentu berbagai strategi akan dipakai dalam proses penilaian, sebab belum ada ijin proses penilaian secara tatap muka, akibat pandemi Covid-19.

“Fokus kita untuk bagaimana mendapatkan nilai yang optimal. Kalau kita ikuti Peraturan Menteri (Permen) itu, sudah ada ketentuan kalau proses penilaian kenaikan kelas disesuaikan dengan kondisi. Artinya, baik ujian kenaikan kelas maupun ujian kelulusan itu harus secara Daring. Persoalanya adalah, ada penilaian lain yang tidak bisa diabaikan, yaitu, pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Jadi kita akan upayakan untuk pakai strategi lain, agar bisa mendapatkan nilai yang optimal,” ujar Kepala SD Negeri Negeri Lama, Sarlota Wacanno, Minggu (9/5).

Walau proses pembelajaran tidak berjalan maksimal, namun tahapan penilaian harus tetap diupayakan dilakukan secara objektif, guna mengetahui kualitas secara pasti selama proses belajar jarak jauh (BJJ).

“Dari segi pengetahuan, memang belum tentu semua siswa memahami semua materi pelajaran yang di berikan selama BDR. Sehingga perlu penilaian yang optimal, untuk mengetahui perkembangan masing-masing siswa. Dan pastinya tidak bisa secara Luring, tapi dengan strategi yang disiapkan oleh sekolah. Semoga bisa berjalan lancar,” pungkas Wacanno. (LAM)

Comment