by

Besok, 1.162 Nakes Buru Akan Vaksin Covid-19

Ambon, BKA- Sebanyak 1.162 Tenega Kesehatan (Nakes) di Kabupaten Buru akan mengikuti program vaksinasi Covid-19 perdana, pada Selasa, 2 Februari, besok.

Jadwal tersebut sesuai dengan yang direncanakan Dinas Kesehatan Kebupaten Buru. Penyuntikan vaksin Sinovac akan dimulai dari tenaga kesehatan yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Namlea dan Pusat Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas Kecamatan Namlea.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru telah resmi melaunching Program Vaksinasi Covid-19 perdana, yang digelar di Aula Kantor Bupati Buru, pada Sabtu (30/1), pekan lalu.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buru, Nani Rahim, mengatakan, sesuai rencana, vaksinasi corona untuk tenaga kesehatan akan dilaksanakan pada awal pekan ini.

“Hari Selasa (1 Februari) sudah mulai untuk Nakes. Koutanya masih sama, yaitu, 1.162 orang,” kata Nani, kepada BeritaKota Ambon, Minggu (31/1).

Nani menjelaskan, 1.162 tenaga kesehatan itu tersebar di 11 Puskesmas yang ada di 9 kecamatan, ditambah satu klinik Polres Buru, dan satu rumah sakit, serta dari Dinas Kesehatan Kabupaten Buru.

Untuk Dinas Kesehatan ada 115 orang, Rumah Sakit Umum Daerah Namlea 366 orang, Klinik Polres 7 orang, Puskesmas Namlea 136 orang, Puskesmas Sawa 69 orang, selanjutnya Puskesmas Waplau 68 orang, Puskesmas Wamlana 60 orang, Puskesmas Air Buaya 63 orang, Puskesmas Savanajaya 64 orang, Puskesmas Mako 58 orang, Puskesmas Waelo 83 orang, Puskesmas Lolong Guba 42 orang, Puskesmas Kayeli 40 orang dan Puskesmas Ilath 38 orang.

“Iya, sesuai data itu saja. Hari Selasa itu, Puskesmas Namlea dan Rumah Sakit sudah mulai vaksin,” ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk Bupati Buru, Ramly Umasugi, dan Ketua DPRD Kabupaten Buru, Muhamad Rum Soplestuny, yang tidak sempat disuntik vaksin Sinovac pada saat launching perdana, telah dijadwalkan kembali untuk melakukan penyuntikan dosis pertama pada pekan ini.

“Pak Bupati dan Ketua DPRD Buru rencananya hari Kamis, kalau tidak ada halangan beliau (Bupati) balik ke Buru,” pungkasnya. (MSR)

Comment