by

Besok Supir Angkot Giliran Divaksin

Ambon, BKA- Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Perhubungan (Dishub) mulai menjadwalkan penyuntikan vaksin Covid-19 kepada seluruh supir angkutan kota (angkot) yang beroperasi di kota Ambon. Yakni akan dimulai pada Kamis (18/3) besok, di terminal A1 Mardika, Ambon.

“Kamis mendatang (besok). Akan disesuaikan dengan jumlah vaksin yang ada,” ungkap Plt Kepala Dishub Kota Ambon, Robby Sapullete, kepada wartawan, Selasa (16/3).
Diakuinya, bila jumlah vaksin kepada supir angkot tidak cukup dalam penyuntikan pertama, maka akan dilanjutkan pada April 2021 mendatang.

“Kalau penyuntikan pertama belum bisa mencakup seluruh supir, maka akan ada tahap selanjutnya pada bulan April dan Mei 2021 mendatang,” ujarnya.

Robby menjelaskan, apa yang dilakukan untuk para pengemudi angkot ini, merupakan upaya Pemerintah Kota Ambon dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Dan bila supir angkot tidak memiliki sertifikat vaksin, maka tidak diizinkan untuk mengemudi.

“Biasanya syarat mengemudi itu harus punya SIM, namun sekarang ada vaksin. Syarat mengemudi di kota Ambon, harus punya sertifikat vaksin Covid-19,” beber dia.

Menurut dia, aturan tentang wajib memiliki sertifikat vaksin bagi supir angkot di Kota Ambon, akan benar-benar diterapkan secara terus-menerus, selama masa pandemi masih melanda ibukota provinsi Maluku ini.

“Sekali lagi saya tegaskan, ke depan jika tidak memiliki sertifikat vaksin, maka supir angkot dilarang mengemudi. Ini sudah menjadi aturan dan wajib ditaati oleh setiap supir,” tegasnya.

Disinggung mengenai penyuntikan vaksin terhadap seluruh pegawai Dishub Ambon, Robby mengaku, jadwalnya telah ditetapkan pada Rabu (17/3) hari ini. Yakni bertempat di gedung Sport Hall, Karang Panjang (Karpan), Kecamatan Sirimau.

“Kami sudah kirim semua data pegawai yang mau di vaksin ke Dinas Kesehatan Kota Ambon. Sesuai jadwal, besok (hari ini) 120 orang pegawai Dishub Ambon siap mengikuti penyuntikan vaksin Covid-19,” tutupnya. (IAN)

Comment