by

Besok Unpatti Gelar Wisuda Drive Thru

Ambon, BKA- Besok, Selasa (15/9, Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon akan menggelar prosesi wisuda periode I tahun 2020 secara daring dan luring. Secara Luring, prosesi wisuda yang dilakukan ditengah pandemi ini akan dilakukan secara drive thru menggunakan transportasi roda dua maupun roda empat. Sementara Daring, akan dilakukan secara livestreaming lewat youtube

“Karena sebanyak 1177 yang akan di wisudahkan di wisuda periode I ini. Maka prosesi wisudah akan dilakukan selama 3 hari, yakni, tanggal 15, 16 dan 17 September. Itu Sesuai protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus dilingkungan kampus. Ini kita buat dengan mekanisme drive trhu di samping juga kita kita live di youtobe. Maka kemarin kita sudah gladi resik untuk arahkan mereka. Terkait teknis pelaksanaab selama 3 hari. Dimana hari pertama, itu fakultas Hukum, Fisip dan Pertanian. Hari ke itu khusus FKIP, dan hari ke 3 untuk Fakultas yang lain, yaitu Perikanan Teknik, Kedokteran dan Pascasarjana,”ungkap Kepala Biro (Karo) Akademik Unpatti, Daniel Nanuru, Minggu (13/9)

Pada proses pelaksanaan wisuda secara drive thru, kata Nanuru, para wisudawan diharuskan mengikuti semua peraturan yang ditetapkan. Dimana, secara teknis sebelum prosesi wisuda dimulai, para wisudawan sudah harus siap dengan kendaraannya masing-masing di tempat yang sudah disiapkan.

“Jadi, pada saat pelaksanaan itu, hanya dua orang tua atau wali, sopir dan wisudawan yang di dalam mobil. Jadi ada petugas yang atur. Jadi mereka akan menggunakan kendaraan roda 4 masuk melalui pintuh masuk lembaga penelitian dan pengadian Unpatti untuk diatur sesuai antrian nomor peserta. Pengaturan selanjutnya nanti pada saat di depan Fakultas Ekonomi, ada petugas yang mengatur untuk kemudian di arahkan ke pintu masuk auditorium (tempat pelaksanaan wisuda).

Jadi para wisudawan dengan kendaraannya sampai di depan pintu masuk auditorium, kemudian wisudawan turun dengan orang tau masuk dalam ruangan. Saat bacakan nama, peserta naik di atas panggung yang langsung dijemput oleh di oleh dekan dan rektor. Dekan akan memberikan tabung dan rektor akan memindahkan pita disaksikan oleh orangtua. setelah itu turun panggung menuju pintu keluar.

Dipintu keluar, mobil yang di tumpangi sudah menunggu di pintu keluar untuk selanjutnya meninggalkan gedung auditorium menuju pintu keluar kampus. Disana, ada petugas yang arahkan juga. Itu teknisnya. Jadi hanya 4 orang dalam mobil. Selama 3 hari sudah diatur, sehingga kalau misalnya hari ini Fakultas teknik, berarti Dekan atau senat Teknik yang hadir. Ada juga tamu undangan lainnya. Tapi kemungkinan mengikuti secara virtual,”tutur Nanuru

Dikatakannya, proses wisuda periode I ini dapat dilakukan, karena telah mendapatkan ijin dari Gugus Tugas (Gustu) Provinsi Maluku maupun Kota Ambon. Sehingga dalam pelaksanaannya, mesti berjalan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku

“Karena kita sudah memperoleh rekomendasi dari gustu. Sehingga apapun yang kita lakukan harus sesuai dengan protokoler. Semoga pada saatnya, semuanya berjalan dengan lancar tanpa penyebaran virus berbahaya itu.harapnya. (LAM)

 

Comment