by

BKD : Belum Ada Juknis Penghapusan Gaji 13 di 2022

beritakotaambon.com – Rencana penghapusan komponen Tunjangan Kinerja (Tukin) dalam pemberian gaji ke-13 dan THR oleh pemerintah di tahun 2022 mendatang, ditanggapi Kepala Badan kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Maluku, Jasmono.

Menurutnya, hingga saat ini, belum ada kebijakan resmi dari pemerintah pusat yang ditetapkan melalui petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan.

“Terkait masalah Tukin Gaji 13 dan THR bagi PNS pada tahun 2022, sampai dengan saat ini belum ada kebijakan resmi dari Pemerintah Pusat. Yang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah (PP) maupun petunjuk teknis pelaksanaannya,” sebut Jasmono, saat di wawancarai media ini, Minggu (5/9).

Dikatakan, untuk komponen Tukin tidak dimasukan dalam pemberian gaji 13 dan THR. Artinya THR dan gaji 13 tetap dapat dengan meniadakan komponen Tukin.

Baca juga: Semua Pegawai Non PNS Akan Diberikan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

“THR dan gaji ke-13 mungkin akan di jadikan bonus saja, seperti yang di katakan kepala BKN. Namun semua itu tetap harus menunggu kebijakan resmi dari Pemerintah Pusat. Sebaiknya di konfirmasi ke Pak Kaban Keuangan untuk lebih jelasnya,” tuturnya

Ia menyebutkan, Pemda akan menyesuaikan dengan kebijakan pusat, karena kebijakan tersebut akan diberlakukan secara nasional. “Kita akan menerima semua keputusan yang diputuskan oleh pemerintah pusat,” tukasnya.
Disinggung apakah penghapusan Tukin berpengaruh pada kinerja ASN, Jasmono mengaku, mungkin akan berpengaruh, tetapi itu tidak akan mengurangi kinerja ASN.

“Ya mungkin berpengaruh pada kinerja, tapi tidak akan membuat keputusan yang signifikan. Karena gaji PNS selama ini tidak pernah dikurangi,” tutupnya (MG-2)

Comment