by

BKP Lakukan Ledakan Sesuai Aturan dan Keselamatan

Beritakotaambon.com -Batutua Kharisma Permai (BKP) melakukan peledakan terhadap batuan keras, untuk memudahkan pengambilan material mineral tembaga dan mengutamakan keselamatan.

Senior Manager External Affairs BKP-BTR, Dicky Murod dalam rilisnya menjelaskan, Kegiatan peledakan yang dilakukan pihak perusahannya sudah sesuai dengan peraturan dan prosedur yang di atur dalam Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), pengawasan senjata api dan bahan peledak (Wasendak), Kepolisian RI serta Standar Internasional ISO 45000 mengenai Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

“Dalam pelaksanaan peledakan, BKP selalu mengutamakan keselamatan karyawan dan masyarakat di sekitar lokasi, termasuk pemberitahuan jadwal pelaksanaan bagi masyarakat sebelumnya,”ujarnya.

Diterangkan, sebelumnya pihak perusahan memberikan peringatan sebelum dilakukan peledakan, termasuk memastikan tidak ada orang dalam jarak 500 meter dari lokasi peledakan dan apabila ada keberatan masyarakat terhadap jadwal peledakan, selanjutnya perusahan akan berkoordinasi dengan masyarakat untuk menentukan penyesuaian jadwal selanjutnya.

” Karena ada bagian jalan nasional antara desa Lurang dan desa Ilwaki sekitar 500 meter dari lokasi peledakan. maka demi keamanan masyarakat, dengan berkordinasi bersama aparat TNI-Polri setempat melakukan tindakan pengamanan dengan penutupan jalan sementara selama kurang lebih 20 menit,”jelasnya.

Namun selama melakukan aktifitas, kata Murod, pihak perusahan tetap selalu mengutamakan keselamatan karyawan dan masyarakat dengan menerapkan standar yang tinggi.

“Sejak Januari 2018 BKP sudah mencapai lebih dari 13 juta jam kerja tanpa Lost Time Injury atau insiden yang menyebabkan terhentinya kegiatan,”cetusnya. (RHM)

Comment