by

BLT dan BST Nania Terealisasi

AMBON-BKA, Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) pada Desa Nania, Kecamatan Baguala, Kota Ambon telah terealisasi kepada warga selaku penerima bantuan.

Sekretaris Desa Nania, Sandra, saat dihubungi Koran ini, Jumat (23/7) menjelaskan, BLT yang diberikan kepada warga berasal dari dua anggaran, yakni Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD). Sedangkan untuk bantuan BST itu langsung dari pihak kantor Pos kepada warga.

“BLT ini bersumber dari 2 anggaran yaitu dari dana desa berjumlah 922 juta, untuk 247 warga penerima. Sedangkan BLT dari alokasi dana desa berjumlah 97,2 juta untuk 27 KK,” terang Sandra.

Dia menyebutkan, bantuan tersebut diberikan untuk membantu warga selama masa pandemi Covid-19. “Bantuan ini untuk membantu warga yang terdampak Covid-19. Tidak permanen. Kita berikan buat mereka yang betul-betul membutuhkannya,” tandasnya.

Sandra juga menyampaikan, pemberian BLT kepada warga sedikit mengalami penurunan. Yang tadinya diberikan kepada 500 lebih penerima, sekarang turun menjadi 200 lebih. Itupun masih dikomplen oleh pihak Pemerintah Pusat, untuk kembali mengurangi data penerima bantuan. Namun untuk BST, datanya masih tetap sama.

“Kita sudah melakukan pendataan ulang. Kita sudah memangkas dan memang segitu yang kami dapat. Banyak masyarakat yang memerlukan sentuhan baru dari kita,” ucapnya.
Ia juga berharap, bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan selama masa pandemi Covid-19.

“Meskipun bantuannya tidak seberapa, namun saya harap ini dapat membantu masyarakat selama masa pandemi ini. Karena di masa sulit seperti ini, masyarakat itu benar-benar membutuhkan bantuan kami,” pungkasnya.(BKA-2)

Comment