by

BLT Tahap III Desa Namsina dalam Proses

Ambon, BKA- Pemerintah Desa (Pemdes) Namsina, Kecamatan Waplau, Kabupaten Buru, terus berupaya untuk melakukan percairan dana desa (DD), agar bisa menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap III bagi warga di desa itu.


Penjabat Kepala Desa (Kades) Namsina, M. Yasin Laitupa, mengatakan, pencairan sedang dalam proses. Jika sudah pencairan, maka BLT Dana Desa langsung diberikan kepada masyarakat yang berhak menerima bantuan tersebut.

“Iya masih dalam proses. Mungkin Senin (hari ini) sampai dengan Jumat itu selesai pencairan. Jadi belum ada penyaluran tahap III. Setelah pencairan itu, baru penyaluran ke masyarakat yang menerima bantuan,” kata Yasin, Minggu (13/12).


Ia mengungkapkan, awalnya yang menerima BLT DD di desat tersebut berjumlah 162 orang. Namun ada yang diantaranya juga menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) Rp 300 ribu per Kepala Keluarga (KK). Sehingga jumlah penerima BLT tersisa 145 orang saja.

Program BST ini, lanjutnya, diberikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. “Alhamdulillah. Sampai dengan saat ini, jumlah penerima BLT di Desa Namsina dari 162 KK, yang hari ini sudah berubah menjadi 145. Ini akibat ada bantuan dari pemerintah pusat lewat Bansos, yaitu, BST,” ungkapnya.


Tahap I selama tiga bulan, penerima menerima Rp 600 ribu per bulan. Sementara tahap II hanya Rp 300 per bulan selama tiga bulan, karena ada perubahan aturan dari Kementerian Desa. “Syukur alhamdulillah, untuk tahap I dan tahap II sudah selesai, selama enam bulan,” ujarnya.

Selain itu, Yasin juga mengungkapkan terima kasih kepada Bupati Buru, Ramly Umasugi, karena sudah memberikan kontribusi terhadap Desa Namsina, sehingga bisa seperti sekarang ini.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Buru, dalam hal ini Bupati Buru, lewat gagasan dan pikiran beliau, kami desa-desa di Kecamatan Waplau dan pada umumnya Kabupaten Buru melaksanakan kegiatan sesuai dengan prosedur yang benar,” pungkasnya. (MSR)

Comment