by

BNI Ambon Salurkan KUR Oktober Rp 86 Miliar

beritakotaambon.com – Terhitung sejak Januari hingga Oktober 2021, PT Bank Negara Indonesia (BNI) 46 Cabang Ambon telah menyalurkan bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi pelaku usaha sebesar Rp 86 miliar.

Penyaluran terbesar didominasi pada sektor perdagangan, sebesar 56 persen. Sedangkan 16 persen lainnya disalurkan disektor usaha produksi. Sektor pertanian sebesar 2,3 persen, serta sisanya disalurkan pada sektor jasa.

“Kalau kami sudah salurkan sekitar Rp 86 miliar, khusus tahun ini saja. Kalau jumlah debitur, itu jumlahnya ratusan. Angka pastinya, saya belum tahu persis. Tpi ada ratusan dan itu banyak disektor perdagangan 56 persen, sisanya disektor produksi, pertanian dan jasa,” ungkap Kepala Cabang BNI Ambon, Friedson WNK, yang dihubungi via selulernya, Selasa (5/10).

Memang, ungkapnya, pemanfaatan KUR oleh masyarakat Kota Ambon lebih pada sektor perdagangan. Sebab lahan pertanian memang sedikit.

Baca juga: Moain Desa Pertama Capai 100 Persen Vaksinasi

“Karena memang area pertanian di Ambon kurang dibandingkan dengan luar-luar (daerah lain), sehingga hanya sekitar 2,3 persen saja KUR yang diambil disektor pertanian,” ujarnya.

Meskipun demikian, lanjut Friedson, PT BNI 46 Cabang Ambon tetap membuka ruang yang lebar kepada masyarakat, yang membutuhkan modal usaha lewat KUR.

Terkait adanya subsidi Pemerintah sebesar 3 persen bunga bank, katanya, pihak BNI tetap menindaklanjuti hal tersebut.

Namun untuk sementara, pihaknya masih memberlakukan suku bunga 6 persen. Tapi 3 persen lainnya akan dikembalikan ke rekening debitur.

“Ini kan ada upaya perpanjangan waktu subsidi oleh pak Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Itu tetap kita akan terapkan selama subsidi itu diberlakukan. Itu kan dari pemerintah, kita tetap harus jalan, tidak bisa tidak. Jadi bunga KUR tetap 6 persen dan nanti 3 persen itu dikembalikan ke rekening masing-masing debitur,” pungkasnya.(RHM)

Comment