by

BNI Eksis Dukung Pemerintah Di Tengah Pandemi

AMBON-BKA, Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi salah satu solusi bagi pelaku usaha kecil, untuk tetap mempertahankan maupun mengembangkan usahanya di masa pandemi Covid-19.

Kepala Cabang BNI Ambon, Fridson WNK, mengatakan, meskipun di tengah masa pandemi Covid-19, masyarakat tentu berharap usahanya bisa berkembang. Sehingga mereka akan berupaya untuk mendapatkan bantuan modal usaha, salah satunya melalui berbagai program kredit usaha di bank, diantaranya, KUR.

Untuk itu, Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Ambon tetap eksis mendukung pelaku usaha di masa pandemi Covid-19 lewat program KUR.

“Tentu saja kami sebagai salah satu agen pemerintah, izin developer BNI merupakan salah bank milik pemerintah yang menyalurkan KUR. Sehingga kami tentu saja dan harus mendukung program pemerintah ditengan kondisi pandemi Covid-19,” terang Friedson, Selasa (3/8).

Baca juga: Instansi Vertikal Diminta Bantu Masyarakat

Bahkan dalam pengajuan KUR dan lainnya di BNI, katanya, akan lebih mudah diperoses sesuai persyaratan yang ditentukan bagi pelaku usaha, baik kecil maupun besar.

“Persyaratannya kan sama, minimal mereka punya izin usaha dari kelurahan, KTP-nya ada dan usaha yang dilihat ada dan penghasilan untuk pengembalian itu ada. Kenapa kita harus persulit mereka untuk mendapat KUR, baik itu KUR super mikro yang dimulai dari Rp 10 juta hingga Rp 50 juta dan KUR kecil bisa sampai Rp 500 juta,” ujarnya.

Semua pelaku usaha bisa mendapatkannya, kata Fridson, kalau dapat memenuhi persyaratan yang ditentukan, serta memiliki kemampuan untuk membayar kembali kredit tersebut.

“Kan biasanya orang berfikir, kalau kredit disini nanti kita batasi. Tentu tidak. Tapi besar pinjaman yang ditentukan, sesuai kemampuan dalam pengembalian,” jelas Friedson.

Pengajuan KUR di BNI Cabang Ambon, ungkapnya, dilakukan pelaku usaha hampir setiap hari. Bahkan setiap hari, BNI melakukan pembagian brosur kepada masyarakat, sebagai bentuk “jemput bola” pada program ini.

Tahun 2021, lanjutnya, target KUR BNI Cabang Ambon diatas Rp 18 miliar. Saat ini, hampir tercapai 75 persen.

“Kami sebenarnya punya banyak produk kredit. Tapi khusus KUR, bunganya sama semua. Paling murah, hanya 6 persen per tahuh. Jadi kalau dibagi 12 bulan, itu hanya sekitar 0,5 persen per bulan,” akuinya.

Selain KUR, BNI juga punya produk BNI Wira Usaha (BWU), yang besar kreditnya bisa mencapai angka Rp 501 juta hingga
Rp 1 milliar, dengan bunga sebesar 11,5 persen. Sementara kredit BCR diatas Rp 1 miliar hingga Rp 15 miliar.

Baca juga:
Bank Mandiri Persulit Persulit Pengajuan KUR

“Kredit di kami, antusiasnya cukup banyak. Bahkan dalam sehari, bisa mencapai angka Rp 1 milliar. Dan di kami sangat mudah, tidak mempersulit masyarakat untuk mendapat kredit,” pungkasnya.(RHM)

Comment