by

BNN-Pemkot Kerjasama Cegah Narkoba

Ambon, BKA- Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Maluku, bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon telah bekerja sama untuk mencegah penyebaran narkotika di lingkungan masyarakat Kota Ambon.

Hal ini disampaikan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, kepada wartawan saat membuka kegiatan Ketahanan Masyarakat Berbasis Desa Bersih Dari Narkotika (Bersinar), di hotel Emperial, Ambon, Senin (30/11).

Richard mengatakan, masalah terkait narkotika ini, sudah sangat nasional hingga internasional. Untuk itu, diharapkan dengan kerjasama yang telah dibangun antara Pemkot-BNN, masyarakat dapat terhindar dari barang terlarang dimaksud.

“Programnya itu, antara lain pembentukan desa-desa yang namanya Desa Bersinar. Bagaimana upayanya, antara lain pembentukan kelompok-kelompok masyarakat yang bisa menjadi pioner,” ungkapnya.

Walikota dua periode ini mengaku, lewat kerjasama yang dibangun itu, maka BNN akan berikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya Desa Bersinar.

“Sala satu aspek yang bisa melemahkan masyarakat kita, antara lain salah satu faktor yaitu kemiskinan. Dan faktor keterbatasan akses-akses informasi,” tutur dia.

Untuk itu, lanjutnya, Pemkot akan berupaya memasuki tahun 2021, seluruh desa dapat mengakses internet. Terutama beberapa desa yang ada pada Kecamatan Leitimur Selatan (Leitisel). Agar masyarakat dapat mengatahui melalui internet, terkait dampak buruk ketika memakai narkotika. Sehingga masyarakat takut untuk menggunakan barang haram itu.

“Telkom telah memfasilitasi pembuatan oderoftik. Setelah itu, lalu kita akan tindak lanjuti dengan bagaimana memanfaatkan untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkannya, dalam waktu dekat, Komunikasi dan Informatika (Kominfo) unit-unit terkait fasilitas internet yang akan dipasang di desa.
“Itukan untuk anak-anak dapat beraksen internet. Kalau secara ekonomis itu kurang menguntungkan buat Telkom,” tutupnya. (BKA-1)

Comment