by

BOS Sudah Diperuntukan Untuk Pengadaan Alat Kesehatan

Ambon, BKA- Sejumlah sekolah sudah melakukan langkah antisipasi kebutuhan peralatan kesehatan, bila proses belajar mengajar kembali dilakukan secara tatap muka di sekolah.

Bahkan antisipasi itu sudah dilakukan jauh sebelumnya. Sejak pandemi Covid-19 mulai merebak di Kota Ambon. Sekolah menggunakan dana BOS untuk melakukan pengadaan alat kesehatan yang dibutuhkan.

Seperti yang dilakukan oleh SD Inpres 22 Ambon yang dipimpin oleh Ch Attamimi. Sekolah tersebut menggunakan dana BOS untuk kepentingan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), termasuk didalamnya pengadaan fasilitas dan peralatan kesehatan di sekolah.

“Memang persiapan untuk cegah Covid-19 ini butuh anggaran. Dan selama ini, hanya berharap pada dana BOS. Dana BOS ini juga sejak awal sudah kita gunakan untuk pengadaan fasilitas dan peralatan sesuai protokol kesehatan. Sudah disiapkan. Jadi masker, tempat cuci tangan, dan lainnya, sudah ada. Memang pemerintah juga berupaya untuk pengadaan fasilitas kesehatan di sekolah, tapi sekolah juga harus siap juga guna memastikan tidak ada penyebaran virus di lingkungan sekolah,” ujar Attamimi, Minggu (22/11).

Pengadaan peralatan kesehatan di sekolah, kata Attamimi, sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya sekalipun proses pembelajaran kembali dilakukan di sekolah, namun protokol kesehatan akan tetap digunakan, sebagaimana keputusan pemerintah beberapa hari lalu.

“Artinya, kondisi ini butuh waktu yang lama untuk kembali normal. Sehingga kalau pun dijinkan belajar tatap muka, tetap gunakan protokol kesehatan. Hal ini yang membuat pak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, memberikan kesempatan kepada sekolah untuk pergunakan dana BOS bagi pengadaan fasilitas dan peralatan sekolah. Agar jika belajar tatap muka, semua sekolah sudah siap,” terangnya.

Menurutnya, semua kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan pembelajaran di tengah pandemi ini, akan tetap dipatuhi. Hal ini dikarenakan, baik orangtua maupun siswa sudah sejak lama merindukan proses belajar di sekolah.

Dengan berbagai kesiapan yang dilakukan pihak sekolah, diharapkan, pemerintah secepatnya membuka sekolah agar anak-anak dapat kembali belajar dengan baik

“Itu juga kerinduan kita semua. Bukan saja siswa dan orangtua. Sehingga dengan kesiapan yang ada, mudah-mudahan Covid-19 ini cepat berlalu, supaya tatap muka jalan lagi. Akhir-akhir ini, meskipun siswa tidak masuk sekolah, guru tetap hadir. Karena itu, sejak awal kita sudah siapkan fasilitas dan peralatan kesehatan di sekolah. Semoga kita cepat sekolah seperti biasa lagi,” harap Attamimi. (LAM)

Comment