by

BPBD Malteng Konsen Siaga Bencana

Ambon, BKA- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) telah melakukan koordinasi dengan instansi teknis, baik Dinas PUPR maupun PRKP setempat. Untuk penanganan sejumlah infrastruktur yang rusak akibat cuaca ekstrim beberapa hari lalu, baik rumah maupun talud.

Dari hasil pendataan, di Hitu Mesing, Kecamatan Leihitu terdapat 20 rumah yang mengalamai rusak ringan. Sementara di kecamatan Haruku ada 10 rumah, dan juga talud yang patah.

“Terhadap hal ini, kita sudah koordinasikan dengan intansi teknis untuk dilakukan penanganan. Kalau APBD tersedia, maka langsung ditangani. Kalau tidak, maka diusulkan ke pusat,” tandas Kepala BPBD Maluku Tengah, Abdul Latif Key, saat dikonfirmasi koran ini, Minggu (07/03).

Dirinya juga menghimbau, agar masyarakat yang tinggal di pinggiran pantai maupun para nelayan sekitar, untuk selalu berhati-hati. Mengingat cuaca ekstrim, masih akan terjadi dalam bulan ini hingga April 2021 mendatang.

“Kepada masyarakat yang rumahnya di dekat tepi pantai, untuk lebih berhati-hati. Karena kondisi ekstrim berubah setiap saat. Kadang-kadang cuaca bagus panas, tapi tiba-tiba angin muncul dengan gelombang yang tinggi. Untuk itu harus waspada,”pesannya.

Dikatakan, pihaknya terus memberikan sosialisasi serta himbauan kepada warga Maluku Tengah, agar tetap waspada. Termasuk sosialisasi terhadap rumah tahan gempa pada 18 kecamatan di Maluku Tengah. Mengingat kabupaten tersebut, merupakan daerah yang rawan akan gempa. (BTA)

Comment