by

BPBD MBD Lakukan Pengembangan Kapasitas TRC

beritakotaambon.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) melakukan pengembangan kapasitas Tim Reaksi Cepat (TCR) bencana melalui sosialisasi, komunikasi, informasi dan edukasi rawan bencana, yang berlangsung di Gedung Serbaguna Tiakur, Jumat (3/9).

Bupati MBD, Benyamin Thomas Noach, mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut. Sebab MBD merupakan kabupaten dengan indeks resiko bencana nomor satu atau tertinggi di Indonesia, sebagaimana data yang dirilis oleh BNPB tahun 2020.

“Wilayah MBD yang terbentang dari Pulau Marsela hingga Pulau Lirang, memiliki resiko bencana tinggi, seperti gempa bumi, tsunami, gelombang tinggi, termasuk letusan gunung berapi, terutama di Pulau Damer. Karena itu, kita perlu meningkatkan pengembangan kualitas bagi tim penanggulangan bencana,” tandas bupati.

Baca juga: Polisi Tahan Pelaku Penganiaya Siswa SMA 1 Kisar

Menurut bupati, bencana alam merupakan kejadian yang tak dapat diprediksi. Sehingga pengembangan kapasitas TRC BPBD MBD, dirasa penting untuk kesiapsediaan dalam penganganan bencana, baik skala besar maupun kecil.

“Saya berharap, kegiatan pengembangan kapasitas Tim Reaksi Cepat diharapkan dilakukan lebih intensif di seluruh wilayah MBD,” tandas bupati. (GEM)

Comment