by

BPBD : Waspada Bencana Alam

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon kembali menghimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap bencana alam selama musim penghuja, yakni banjir maupun longsor. Warga juga diharapkan agar bisa melakukan evakuasi mandiri saat intensitas hujan meningkat.

Sekertaris BPBD Kota Ambon, Eva Tuhumury saat dikonfirmasi mengaku, pihaknya tidak pernah merasa bosan untuk terus menghimbau masyarakat agar terus waspada terhadap bencana banjir maupun longsor.

Pasalnya, saat ini kota Ambon telah memasuki puncak musim penghujan. Bahkan sejak Sabtu pekan kemarin, hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi terus mengguyur wilayah kota Ambon. Dimana beberapa kawasan permukiman warga yang dekat dengan bantaran sungai sempat terendam banjir.

Hal ini, kata dia, perlu diantisipasi warga agar bisa melakukan evakuasi secara mandiri ketika ketika terjadi bencana. “Kita akan terus berikan himbauan kepada masyarakat, agar bisa terus waspada bencana alam,” kata Eva, saat dihubungi wartawan, Sabtu (3/7).

Menurutnya, warga yang tinggal sekitar bantaran sungai maupun pada lereng-lereng bukit, harus tetap waspada. Mengingat bencana alam tidak dapat diketahui kapan akan terjadi.

“Selalu kami informasikan kepada masyarakat, agar bisa melihat situasi dan kondisi alam. Jika hujan turun cukup deras, maka warga di tempat beresiko harus mampu evakuasi diri secara mandiri,” sebutnya.

Sebelumnya, Eva juga telah menghimbau masyarakat terkait masalah banjir di Kota Ambon yang terjadi beberapa waktu lalu. Banjir tersebut lantaran ada penumpukan sampah di tengah lingkungan masyarakat. Sehingga, warga diminta menjaga kebersihan lingkungan.

Namun pihaknya akan terus memantau beberapa tempat, yang menjadi langganan terjadinya bencana banjir dan tanah longsor di Kota Ambon.

“Masyarakat setempat di kawasan wilayah resiko bencana, telah meminta beberapa terpal guna mengantisipasi terjadinya bencana,” pungkasnya. (IAN/UPE)

Comment