by

BPKP-Pemkot Gelar Workshop Pengelolaan DD

Ambon, BKA- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bersama Badan Pemeriksa Keuangan dan Pengawasan (BPKP) Perwakilan Maluku, resmi gelar workshop Monitoring dan Evaluasi Penyaluran Dana Desa (DD) di Kota Ambon.

Workshop tersebut bertemakan “Pengelolaan Dana Desa yang cepat, tepat dan terpadu sebagai upaya penanganan dampak ekonomi Covid-19”, yang berlangsung di lantai II Ruang Rapat Balai Kota Ambon, pada Kamis (22/10).

Kepala BPKP Rizal Suharli menyebutkan, lewat Workshop ini, penanganan covid-19 di tingkat desa termasuk penanganan dana desa secara umum dapat berjalan dengan baik.

“Pengawasan khusus terkait pengelolaan dana desa. Masalah yang sama tidak bisa menyalurkan BLT ke semua, karena anggaran tidak cukup. Jadi dana desa harus penyalurannya tepat, cepat dan akurat,” jelasnya.

Kecepatan dan ketepatan itu, lanjut dia, membuat pengelolaan DD nantinya, akan lebih fokus dan menjadi komponen dalam penyusunan anggaran pendapatan dan belanja desa. Sehingga semakin dirasakan masyarakat.

Dia juga menghimbau, seluruh OPD terkait dan pihak kecamatan, agar meningkatkan koordinasi serta memfasilitasi desa. Dalam rangka mematangkan seluruh tahapan persiapan dan kesiapan desa, untuk penyelenggaraan pengelolaan keuangan desa yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Tempat yang sama, Anggota Komite IV DPD RI Nova Anakotta menambahkan, peran khusus Komite IV DPD RI yakni dalam pembangunan desa, khususnya dalam masa pandemi Covid-19. Pada paparannya menyampaikan, peran Komite IV DPD RI, berfungsi melakukan pengawasan dan pelaksanaan undang-undanh mengenai otonomi daerah, pembentukan, pemekaran dan penggabungan daerah dan lainnya. (BKA-1)

Comment