by

BPLH Diminta Genjot PAD Melalui Pengelolaan Sampah

Ambon, BKA- Komisi C DPRD Kabupaten SBT berharap, Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pengelolaan sampah yang di hasilkan masyarakat.

Hal itu disampaikan beberapa Anggota DPRD dalam Rapat Kerja Komisi C bersama Kepala BPLH Kabupaten SBT, Mariyam Talajaid, Kamis (21/1).

Pada rapat tersebut, salah satu anggota Komisi C DPRD SBT, Hasan Day, meminta agar BPLH lebih memperhatikan tumpukan sampah yang berserakan di lingkungan Pasar Baru Bula, maupun yang ada di sekitar jalan baru KPU.
Menurutnya pada beberapa titik di Kota Bula, terjadi tumpukan sampah yang tidak diangkut oleh petugas kebersihan, sehingga tumpukan sampah ini menghasilkan bau yang menyengat.

“Ibu Kadis, sebenarnya di Kota Bula ini ada petugas kebersihan atau tidak? Saya lihat, persoalan sampah ini cukup meresahkan masyarakat. Setiap hari, saya ini lewat di depan pasar baru. Saya lihat, ada sampah disitu bertumpuk sampai berhari-hari. Sebenarnya apa kendalanya sampai bagitu ibu,” tanya Hasan Day kepada Kepala BPLH SBT.

Ditempat yang sama, Ketua Fraksi Gerindra SBT, Costansius Kolatfeka, yang juga anggota DPRD Komis C, berharap, BPLH SBT dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pengelolaan sampah organik maupun Non organik, yang dihasilkan masyarakat.

Pasalnya selama ini, menurut Kolatfeka, sampah organik berupa Limba B3 yang dihasilkan oleh perusahaan dan perhotelan selama ini, mestinya dimanfaatkan sebagai sumber PAD.

“Saya kira selama ini, Lingkungan Hidup belum maksimal menggarap potensi yang ada. Bayangkan ibu Kadis, kalau saja mainset pengelolaan sampah ini kita rubah, dari sesuatu yang kotor menjadi sumber PAD, kenapa tidak. Misalnya, pengelolaan limbah B3 yang dihasilkan oleh perusahaan, industri, perhotelan, PLN ini kan tidak boleh dibuang sembarangan, harus ada mesin pemusnah dan tempat tertentu untuk pemusnahannya. Coba dipikirkan, agar ini juga bisa dijadikan sebagai sumber PAD,” jelas Kolatfeka.

Senada dengan itu, Sekertaris Komisi C DPRD SBT, Somat Rumakabis, berharap, agar BPLH SBT bisa melakukan pengadaan tambahan Mobil pengangkut sebagai armada baru, agar petugas kebersihan bisa lebih cepat mengangkut sampah yang ada pada titik-titik TPS yang ada di Kota Bula, tanpa harus tertumpuk berhari-hari.(LAN)

Comment