by

BPOM Pastikan Produk Vaksinasi Aman

beritakotaambon.com – Selaku pihak pengawas terhadap produk vaksinasi Covid-19, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Ambon memastikan produk vaksin yang telah terbit atu keluar dari industri hingga ke rumah sakit maupun klinik atau tempat penyimpanan vaksin, dalam kondisi aman, bermanfaat dan bermutu.

“Bermutu artinya dipastikan penyimpanan itu sudah bagus, masih jauh masa kadaluarsanya, dan kemudian penyimpanannya juga. Yang mengawasi hingga sampai ke tujuan saat didistribusikan, kualitasnya kami pastikan dalam kondisi bagus,” tanda Kepala BPOM Ambon, Hermanto, kepada wartawan, Selasa (24/8).

Saat akan digunakan, kata Hermanto, vaksin yang diberikan kepada masyarakat itu memang vaksin yang berkhasiat, dan bukan vaksin yang rusak. Dan hal tersebut dipastikan pihak BPOM.

Baca juga: Kemenkumham Maluku Adakan Pelatihan Pelayanan Publik

“Dalam hasil pengawasan yang kami lakukan, tempat penyimpan retribusi dipastikan sesuai ketentuan. Apabila terjadi yang kurang pas, petugas kami sudah langsung mendampingi dan memberitahu,” sebutnya.

Hermanto juga menjelaskan, cara penyimpanan yang seharusnya dilakukan, yakni untuk vaksin jenis Sinovac, suhunya 20 sampai 80 derajat celcius. Dan pihaknya terus melakukan pemeriksaan dan memasmtikan kapan harus dievaluasi ketersediaan gensetnya, dan cold room.

“Itu yang kami pastikan dan juga vaksin-vaksin yang sekarang seperti Moderna, pengawasan itu kan diusahakan di bawah suhu 20 derajat celcius. Itu ada di dinas-dinas, juga diawasi dan memastikan kondisi itu,” tukasnya

Menurut dia, sampai saat ini kalaupun ada beberapa vaksin yang dipulangkan, akan disampaikan langsung ke petugas terkait, guna melakukan perbaikan-perbaikan. Dan kemudian dilaporkan ke pusat untuk dievaluasi.

“Setiap vaksin yang di pulangkan kepada kami (BPOM), akan langsung kami laporkan ke pusat, sebagai sarana untuk mengevaluasi,” imbuhnya.

Hermanto Juga berpesan, agar masyarakat tidak usah ragu untuk melakukan vaksin. Sebab vaksin yang ada di Provinsi Maluku dalam kondisi aman. (MG-2)

Comment