by

BPUM Disalurkan ke Rekening Penerima

Ambon, BKA- Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) yang merupakan program Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, 2020 disalurkan secara langsung dari Pemerintah Pusat ke para penerima di Kota Ambon.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Ambon, Marthin Keiluhu mengatakan, pihaknya mendata warga yang layak untuk mendapatkan bantuan tersebut. Sementara pencairan itu dilakukan Pemerintah Pusat.
“Itu kan langsung dicairkan dari pusat ke seluruh penerima di rekening masing-masing. Kami tidak lakukan pencarian,” tandas Keiluhu, saat ditemui koran ini di Balai Kota, Senin (5/4).

Dijelaskan, sebanyak 30.000 calon penerima yang telah diusulkan ke pemerintah pusat untuk mendapatkan BPUM. Tetapi yang terverifikasi hanya sebanyak 18.000 calon penerima. Dan kemungkinan bantuan tersebut telah diterima.

Sementara 12.000 calon penerima lainnya, sambung dia, tidak terverifikasi di Pemerintah Pusat. Namun pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin agar yang lain bisa merasakan BPUM.

“Kekurangannya dimana, nanti kita akan lihat dan kembali mengusulkan. Mereka ini bagian dari program selanjutnya dalam tahun ini. Yang inikan tahun kemarin 2020, itu datanya masih terolah itu yang 30.000. Pastinya 12.000 ini akan menjadi prioritas kami di Dinas Koperasi dan Usah Mikro,” papar Keiluhu.

Disinggung jumlah BPUM yang diberikan perorang yang layak menerima, Keiluhu mengaku, kalau pihaknya tidak mengetahuinya. Sebab, bantuan tersebut langsung dicairkan ke rekening masing-masing dari pemerintah pusat. “Intinya pasti mereka dapat BPUM,” tutup dia. (IAN)

Comment