by

BSU Tingkatkan Semangat Guru Honor

Ambon, BKA- Kepala MIS Cokroaminoto, Asaha Tatisina, mengungkapkan, semangat guru honorer semakin terpacu untuk meningkatkan kualitas mengajar di masa pandemi Covid-19, dengan adanya rencana penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) pada akhir 2020 ini.

Walau jumlah tidak terlalu besar, namun dia berharap, bantuan pemerintah pusat tersebut dapat dinikmati oleh seluruh guru honorer, sehingga dapat lebih meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Berdasarkan infromasi, bantuan itu langsung dikirim melalui rekening masing-masing guru. Untuk 3 bulan, mulai Oktober, November, dan Desember tahun ini. Jadi satu kali terima saja. Yang kalau setiap bulan terima itu sebesar Rp 600 ribu per bulan. Tapi karena satu kali saja, jadi terima semua itu Rp 1,8 juta. Dengan BSU ini, saya kira dapat meningkatkan semangat guru dalam mendampingin anak-anak belajar di tengah pandemi ini. Biarpun sedikit, tapi terima kasih, karena pemerintah sudah membantu mereka,” ungkap Tatisina, Jumat (4/12).

Dia berharap, pemerintah tidak hanya hadir melalui BSU, namun juga dapat memperhatikan status para guru honorer yang ada. Karena selama ini, mereka terus dijanjikan pemerintah terkait peningkatkan status menjadi PNS.

“Maksudnya, agar perjuangan mereka selama ini tidak sia-sia. Kasihan, mereka jalankan tugas dengan baik. Berharap, ada kepastian soal status mereka, dari honor ke PNS. Tapi kalau tidak diselesaikan juga kan sulit. Itu yang diharapkan untuk kedepannnya. Memang ada seleksi PPPK, tapi itu juga ada batasnya. Jadi, mohon juga ada kepastian soal status kepegawaian mereka,” pinta Tatisina.

Untuk diketahui, khusus bagi guru honorer di Satuan Pendidikan Islam Kementerian Agama, dalam waktu dekat ini akan segera dicairkan. Setelah terbitnya Keputusan Dirjen Pendidikan Islam No 6402 tahun 2020 tentang petunjuk teknis BSU bagi guru bukan PNS pada Satuan Pendidikan Islam (SPI) tahun 2020, dan Keputusan Dirjen Pendidikan Islam (PI) nomor 6574 tahun 2020 tentang penetapan penerima BSU langsung bagi guru bukan PNS pada SPI tahun 2020. (LAM)

Comment