by

BTM Diterapkan dengan Prokes Ketat

beritakotaambon.com – Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Kabupaten Buru telah dilakukan secara tatap muka di sekolah.

Namun pelaksanaan Belajar Tatap Muka (BTM) itu dilkukan dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 ketat.

Hal itu dilaksanakan sesuai dengan instruksi Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi, Nomor: 5 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di Tingkat Desa untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Wilayah Kabupaten Buru.

Dalam instruksi tersebut disebutkan pada poin keempat bagian a, pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar yakni sekolah, perguruan tinggi, akademi, tempat pendidikan/pelatihan.

Untuk wilayah yang berada dalam zona hijau dan zona kuning, KBM dilaksanakan sesuai dengan pengaturan teknis dari Kemendikbudristek dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Sedangkan untuk wilayah yang berada dalam zona oranye dan zona merah, KBM dilaksanakan secara Daring atau online.

Sekretaris Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buru, Azis Tomia

Sekertaris Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buru, Azis Tomia, mengungkapkan, seluruh sekolah di Buru sudah melaksanakan program BTM secara terbatas. Hanya 50 persen siswa per kelas.

“Jadi kita ini kan ada di PPKM level 2. Level 2 itu boleh melaksanakan tatap muka, sesuai instruksi bupati tentang pemberlakuan PPKM level 2,” kata Azis, kepada BeritaKota Ambon, Senin (6/9).

Baca juga: Polres Buru Gencar Vaksinasi Massal Keliling

Azis menjelaskan, meski BTM dilaksanakan, namun harus memperhatikan penerapan protokol kesehatan selama aktivitas belajar mengajar di sekolah.

“Pelaksanaan protokol kesehatan tentunya dikendalikan oleh teman-teman dari Dinas PK dan Kantor Cabang Dinas PK khusus untuk SMA,” ujar dia.

Untuk memastikan proses BTM berjalan sesuai Prokes, kata Azis, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buru telah memonitoring semua sekolah yang ada di Kota Namlea.

Baca juga: Pemkab Buru Turunkan Harga Rapid Antigen

“Kita sudah pernah memonitoring juga. Nanti ada tim monitoring yang melaksanakan, bagaimana dan sejauh mana pemberlakuan program tatap muka yang sementara dilaksanakan. Dan kita harapkan, pemberlakuan ini dilaksanakan dengan ketat, khusus prosedur untuk prokesnya,” pungkasnya. (MSR)

Comment