by

Buffon Maki-maki Rekan Setim, Terancam Skorsing

Gianluigi Buffon terancam hukuman larangan bertanding satu laga. Buffon ketahuan memaki rekan setimnya di Juventus. Lo, kok bisa?

Kejadian itu muncul saat Juventus menghadapi Parma pada 19 Desember silam yang berujung kemenangan 4-0 untuk tuan rumah. Bianconeri menurunkan Buffon sebagai starter dan pertandingan memasuki menit ke-80.

Karena pertandingan dihelat tanpa penonton, teriakan pemain pun jadi terdengar jelas karena adanya mikrofon di pinggir lapangan. Nah, kebetulan Buffon tertangkap kamera sedang memberi instruksi kepada pemain muda Juventus Manolo Portanova.
Advertisement

“Porco Dio,” ujar Buffon kepada Portanova.

Rupanya instruksi itu terdengar seperti kata makian dan hujatan dalam bahasa Italia yang jika diartikan ke Inggris adalah “God is a Pig”. Nah, kata-kata Buffon itu termasuk pelecehan dan sudah diatur dalam undang-undang sejak 2010.

Menurut perundangan negara Italia, kata-kata itu dianggap kasar dan tidak pantas diucapkan pesepakbola. Alhasil, dikutip Football-Italia, Buffon terancam skorsing satu pertandingan.

Ini menurut hasil investigasi Federasi Sepakbola Italia (FIGC) seusai laga itu yang diteruskan kepada pengadilan setempat. Berstatus sebagai kiper cadangan Wojciech Szczesny di skuad Juventus, Buffon baru main enam kali di semua kompetisi.

Ternyata bukan cuma Gianluigi Buffon yang pernah didakwa seperti ini gara-gara ucapan kotor. Pada Desember 2020, gelandang AS Roma Bryan Cristante juga dihukum karena melontarkan makian saat menang 5-1 atas Bologna.

Lalu ada juga eks gelandang Juventus Rolando Mandragora saat memperkuat Udinese pada 2018. Pemain Sassuolo Francesco Magnanelli dan eks penggawa Parma Matteo Scozzarella sama-sama dihukum karena alasan serupa. (INT)

Comment