by

Bulan Bahasa, SMA Kristen Saumlaki Gelar Beragam Lomba

beritakotaambon.com – Sekolah Menengah Atas (SMA) Kristen Saumlaki di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), menggelar berbagai lomba untuk menyemarakkan peringatan Bulan Bahasa tahun 2021.

Kepala SMA Kristen Saumlaki, Andarias Batlayar, mengungkapkan, tahun ini, Bulan Bahasa yang diperingati dengan tema “Berbahasa Sehat, Indonesia Tangguh”.

Untuk memeriahkan Bulan Bahasa, SMA Kristen Saumlaki menggelar lomba pidato, story telling, deklamasi, reportase, solo, dan pembawa acara.

Baca juga: Joice Kukuhkan Ketua Pranting Kecamatan Nirunmas

v”Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 25 hingga 27 Oktober. Ini merupakan wujud realisasi program OSIS, agar siswa bisa mengekspresikan potensi mereka dari berbagai sisi, sesuai mata lomba yang digelar,” terang Batlayar, Sabtu (30/10).

Tujuan digelar berbagai lomba tersebut, katanya, untuk meningkatkan kompetensi berbahasa Indonesia dari sisi tata bahasa secara baik, sebagaimana semangat Sumpah Pemuda.

“Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia. itu menjadi landasan pihak kita untuk menggelar perlombaan,” ungkapnya.

Baca juga:
SMA Kristen Gelar Kegiatan Komunitas Praktisi

Selain itu, kegiatan lomba dipersiapkan untuk menyambut SMA Kristen Saumlaki yang akan ditetapkan sebagai sekolah model berbasis ekstrakurikuler oleh YPPK Pusat.

“Event ini dipakai untuk bisa mendapatkan figur-figur yang nantinya dipersiapkan mengikuti ajang-ajang di tingkat yang lebih tinggi, misalnya, tingkat kecamatan, kabupaten, bahkan provinsi maupun nasional,” beber dia.

Batlayar mengatakan, dari hasil evaluasi, keberhasilan siswa bukan hanya ditunjang oleh kemampuan akademik saja. Tapi juga dipengaruhi oleh faktor non akademik, yang mampu menuntun siswa berjiwa mandiri dan berani tampil di depan umum.

“Luar biasa antusias siswa, mereka berekspresi. Awalnya memang kami tidak tahu tentang potensi diri mereka, ternyata begitu event ini kita gelar, luar biasa banyak potensi yang mereka miliki dan kembangkan,” tutupnya.(BTA)

Baca juga: Pembangunan LNG Blok Masela Dibangun 2022

Comment