by

BUMDes Dinilai Mampu Pulihkan Ekonomi

Ambon, BKA- Sekertaris Desa Hunuth, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Ampi menegaskan, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dinilai mampu untuk memulihkan kembali ekonomi desa di masa pandemi Covid-19.

“Lewat upaya pelatihan serta cara mengelola BUMDes, pemulihan ekonomi bisa dilakukan dengan baik,” tandas Ampi, kepada media ini, Senin (12/4)

Ia menyampaikan, BUMDes harus punya inovasi dalam memikirkan cara mengembangkan usaha milik desa maupun warga lewat Usaha Kecil Menengah (UKM).

“Kita kan punya hidroponik. BUMDes harus punya inovasi dalam mimikirkan bagaimana cara mengembangkan usaha hidroponik tanaman Sawi ini. Kemudian juga usaha warga, terangnya.

Dikatakan, BUMDes, juga harus bisa memperhatikan kelompok warga yang punya usaha, untuk kedepannya dikembangkan lebih maju. Yakni lewat cara-cara yang baik yang bisa menjadi daya tarik bagi konsumen.

BUMDes, sambung dia, harus mempunyai fungsi sebagai lembaga ekonomi masyarakat yang mempunyai peran strategis dalam penggerakan ekonomi masyarakat desa.

“BUMDes juga punya fungsi untuk mengsejahterakan masyarakat. Karena BUMDes milik desa. Lewat inovasi-inovasi baru yang mampu menarik minat konsumen,” paparnya.

Ampi berharap, BUMDes juga nantinya bisa membawa masyarakat pelaku UKM untuk bersaing dalam dunia digital. Dalam rangka memajukan usaha milik warga di bawa pengawasan BUMDes.

“Sekarangkan masyarakat kalau mau belanja kebanyakan melalui Online. Karena tidak mau ribet harus cari kesana kesini. Saya harap BUMDes bisa melihat hal ini untuk nantinya melatih warga pelaku UKM bisa bersaing dalam dunia digital. Sebagai upaya meningkatkan pendapatan ekonomi mereka,” harapnya. (BKA-2)

Comment