by

Bumdes Jadi Penguat Ekonomi Desa

Ambon BKA- Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang sementara dikelola oleh Desa Wayame, Kecamatan Teluk Ambon, diyakini dapat menjadi penguat ekonomi desa. Khususnya, dimasa pandemi Covid-19 yang melanda sejak Maret 2020 lalu, yang membuat sektor ekonomi di Desa Wayame ikut menurun.

Kepala Penjabat Desa Wayame, N. A. La Saleman, saat ditemui koran ini mengaku, Bumdes yang saat ini dikelola diyakini dapat berkembang untuk perkuat ekonomi masyarakat.

“Jika Bumdes berkembang, ekonomi pastinya akan bertumbuh. Bumdes juga menjadi salah-satu peran penting dalam kemajuan ekonomi desa, serta ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Meskipun demikian, kata dia, banyak tantangan yang harus dihadapi pihaknya bersama masyarakat. Diantaranya penyiapan sumber daya manusia, anggaran, serta inovasi dalam pengembangan Bumdes. “Masalah-masalah tersebut harus ditangani, agar Bumdes bisa berkembang dan tumbuh,” ucapnya.

Dia menyebutkan, perlu ada kerja keras dari pihaknya bersama dengan masyarakat untuk mengembangkan Bumdes. Baik dari sektor pertanian, pariwisata maupun sektor lainnya.

“Sementara ini, kita bersama masyarakat berupaya mengembangkan Bumdes. Baik itu nanti lewat sektor pertanian, pariwisata maupun sektor lainnya mengembangkan pendapatan ekononi desa, serta ekonomi masyarakat,” pungkas dia. (MG-2)

Comment