by

BUMDes Peran Penting Dukung Ekonomi Warga

Sekretaris Desa Hunuth, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Ampi menjelaskan, dalam mengembangkan perekonomian warga sesuai yang diusulkan pemerintah, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menjadi peran penting dalam membantu ekonomi warga maupun desa/negeri.

“Banyak hal yang bisa dilakukan oleh BUMDes. Baik lewat pelatihan ataupun lewat sosialisasi kepada warga, tentang cara mengelola usaha agar bisa berkembang ,” terang Ampi, saat dihubngi via seluler, Kamis (15/7).

Dituturkan, BUMDes haru mempunyai inovasi dalam memikirkan cara mengembangkan usaha milik desa, yang akan mendorong ekonomi desa dan warga. Sehingga dengan program tanaman hidroponik yang menjadi produk unggulan Desa Hunuth, DUMDes dituntut agar mampu mengembangkan tanaman tersebut dengan baik.

“Kalau yang kita punya itu hidroponik. Kebetulan warga disini juga ada yang petani, jadi kita juga punya pertanian. Dimana lewat pemikiran kreatif dari BUMDes, kita bisa mengembangkan ini menjadi pendapatan desa dan juga masyarakat,” terang Ampi.

Dia menyebutkan, BUMDes mempunyai fungsi sebagai lembaga ekonomi masyarakat yang mempunyai peran strategis dalam penggerakan ekonomi masyarakat desa. Sehingga diharapkan, nantinya bisa membawa masyarakat pelaku UKM untuk bersaing dalam dunia digital. Dalam rangka memajukan usaha milik warga serta desa di bawah BUMDes.

“Sekarangkan masyarakat kalau mau belanja kebanyakan melalui Online. Saya harap BUMDes bisa melihat hal ini, untuk nantinya melatih warga pelaku UKM bisa bersaing dalam dunia digital. Sebagai upaya meningkatkan pendapatan ekonomi mereka,” harapnya. (BKA-2)

Comment