by

Bupati Apresiasi TMMD Masuk Aru

Ambon, BKA- Bupati Kabupaten Kepulauan Aru, Johan Gonga, membuka kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 tahun 2021 di Bumi Jargaria/Sarkwarisa, Senin (2/3).

Kegiatan yang berlangsung di Lantai II BPKAD itu juga dihadiri Wakil Bupati Muin Sogalrey, Ketua DPRD Udin Berlsigaway, Dandim 1503 Tual Letkol Inf Maryo Christian Noya, Danramil 1503-03 Dobo Kapten Inf Bakri Renhoat, Kapolres Kepulauan Aru AKBP Sugeng Kundarwanto, pimpinan OPD dan tamu undangan.

Bupati Kepulauan Aru, Johan Gongan, dalam sambutannya mengatakan, sebagai bagian dari elemen bangsa yang mempunyai fungsi sebagai alat pertahanan, TNI memiliki dua pola operasi pokok, sesuai Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2005. Yakni, operasi perang dan operasi selain perang.

“Khusus untuk operasi selain perang, terbagi dalam beberapa bentuk kegiatan. Salah satunya TMMD,” ungkap Gonga.


Menurutnya, keterlibatan TNI dalam bentuk partisipasi aktif terhadap sensitivitas persoalan masyarakat yang dikemas dalam kegiatan-kegiatan seperti ini, secara hukum memang telah dipayungi. Namun lebih dari itu, TNI bisa memberikan kontribusi positif dalam membangun persoalan masyarakat.

“Ya, walaupun bangsa ini telah masuk pada era reformasi, tapi tidak mengikis habis yang telah terbangun sebelumnya. Dan yang harus dirubah atau reformasi adalah pikiran-pikiran yang kontraproduktif dan membelenggu bangsa ini. Tapi kalau fungsi teritorial TNI lewat wadah TMMD, tentu tidak bisa diragukan lagi. Buktinya, rakyat masih butuh keberadaan TNI dalam mengejar ketertinggalan pembangunan,” terangnya.

Yang paling penting dari kegiatan TMMD, lanjutnya, menjadi salah satu program yang memberikan kontribusi besar bagi pembangunan suatu daerah. Sehingga dia berterima kasih dengan adanya TMMD di Kepulauan Aru.

“Terima kasih untuk TNI dari kami permintaan dan masyarakat atas program TMMD ini. Harapan kami, semoga wilayah ini dijadikan sasaran proyek TMMD dan terus bertambah tiap waktu,” pungkasnya. (WAL)

Comment