by

Bupati Buka Musrenbang RKPD 2022

Ambon, BKA- Bupati Seram Bagian Timur (SBT), Abdul Mukti Kelobas, membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) SBT tahun 2022, Kamis (5/4).

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Serba Guna Dinas Kesehatan SBT tersebut, dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Asisten Setda SBT, jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat Se-Kabupaten SBT dan perwakilan dari Pemerintah Desa.

Bupati Abdul Mukti Keliobas dalam sambutanya mengatakan, betapa pentingnya Musrenbang RKPD untuk kemajuan daerah. Sebab forum ini dihadiri semua pemangku kepentingan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi kebutuhan program dan kegiatan pembangunan di daerah, yang diarahkan sesuai dengan kondisi karaktristik daerah maupun arah kebijakan pembangunan.

“RKPD mempunyai kedudukan, peran dan fungsi, yang sangat strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Hal tersebut sesuai dengan ketentuan pasal 263 ayat 4, Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Bahwa RKPD merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RJPMD),” terang Bupati.

Untuk itu, dia mengingatkan para pimpinan OPD agar rencana yang disepakati, hendaknya memperhatikan arah kebijakan pembangunan, dengan tetap mengedepankan prinsip yang mendorong tercapainya keselarasan dalam pemanfaatan sumber daya yang menjadi kewenangan kabupaten, kewengangan provinsi maupun kewenangan pemerintah pusat.

Bupati juga mengingatkan OPD soal enam prioritas pembangunan yang menjadi fokusnya, yaitu, peningkatan tata kelolah pemerintahan dan pelayanan publik, percepatan penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan, peningkatan pemabangunan infrastruktur wilayah dan konektivitas antar pulau, peningkatan daya saing daerah berbasis inovasi dan potensi daerah, serta percepatan pemulihan ekonomi dan perlindungan sosial.

“Saya berharap, pimpinan dan anggota DPRD serta pemangku kepentingan lainya di daerah, dapat memberi saran dan masukan dalam bentuk pokok-pokok pikiran agar RKPD tahun 2022 ini tetap selaras dengan prioritas dan arah kebijakan pembangunan Kabupaten SBT,” pungkasnya. (SOF)

Comment