by

Bupati Diminta Evaluasi Kadis Lingkungan Hidup

Ambon, BKA- Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon, diminta untuk mengevaluasi kinerja Kepala Dinas Lingkungan Hidup, A. Sihasale.

Sebab kinerja Dinas Lingkungan Hidup KKT dibawah kepemimpinan Sihasale, telah mengecewakan masyarakat, terutama pengusaha.

Salah satu pegusaha, Yoseph Ngorantutul, yang beraktivitas di Pasar Omele, Kota Saumlaki, mengaku, rutin melaksanakan kewajibannya untuk membayar retibusi sampah.

“barusan saja saya membayar retribusi selama 1 Tahun, dengan total biaya sebesar Rp 600.000,” ungkap Yoseph, Jumat (9/4).

Lanjutnya, rincian biaya retribusi sampah yang diberikan Dinas Lingkungan Hidup KKT dalam 1 bulan senilai Rp 50.000, demi untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD). Namun sebaliknya, pihak dinas tidak pernah melaksanakan kewajiban mereka.

“Sepanjang tiga tahun usaha saya berjalan, belum pernah ada petugas yang saya temui mengunjungi atau menjalankan tanggung jawab mereka, guna melihat kondisi pasar atau kebersihan yang baik,” tambah ngorantutul

Untuk itu, Yoseph berharap, Bupati Petrus Fatlolon dapat mengevaluasi kinerja Kepala Dinas Lingkungan Hidup, yang tidak mampu mengkoordinir bawahannya untuk menjalankan tugas.

“Anggap saja kami tyelah dirugikan. Retribusi per bulan Rp 50.000. Sebagai pengusaha kecil, tidak rasional, mengingat dimasa pendemi Covid-19 pendapatan para pengusaha dipasar sangat menurun. Tapi hal itu juga tidak sebanding dengan pelayanan yang kami dapatkan. Sering sampah dibiarkan membusuk di wilayah sekitar pasar, baru diangkut petugas kebersihan,” pungkasnya. (BTA)

Comment