by

Bupati MBD Lantik 9 Kades

Ambon, BKA- Bupati Maluku Barat Daya (MBD), Thomas Benjamin Noach melantik dan mengambil sumpah janji jabatan terhadap 9 kepala desa (Kades) difinitif periode 2021-2027. Satu diantara melanjutkan sisa jabatan Kades yang telah wafat. Pelantikan itu dilakukan secara serempak di Tiakur, pekan kemarin.


Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, dilakukan berdasarkan Keputusan Bupati MBD nomor 417-77 tanggal 26 Maret tahun 2021 tentang Pemberhentian Penetapan dan Pengesahan Kades Latalola Besar, Kades Latalola Kecil, Kades Bayotan, Kades Ilbamuntah, Kades Marsela, Kades Bululora, Kades Ilbutung Kecamatan Pulau Marsela, Kabupaten MBD, periode 2021-2027.

Kemudian, Keputusan Bupati MBD Nomor 417/4-75 tanggal 10 Maret tahun 2021
tentang Pemberhentian Penetapan dan Pengesahan Pengangkatan Kades Ilpokil Kecamatan Wetar Timur Kabupaten MBD Periode 2021-2027 dan Keputusan Bupati MBD Nomor 414-87 tanggal 31 Maret tahun 2021 tentang Pemberhentian Penetapan dan Pengesahan Kades Luang Barat Antar Waktu Kecamatan Mndona Hyera, Kabupaten MBD periode 2021-2024.

Dalam sambutannya, Bupati MBD, Benyamin Thomas Noach mengatakan, setelah melewati perjuangan panjang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), kemarin 9 Kades resmi dilantik. Bahkan empat Kades yang dilantik merupakan hasil musyawarah masyarakat di desa, sehingga tidak ada pemilihan hanya melalui musyawarah mufakat.

Karena itu, lanjut Bupati, pada Kades yang baru dilantik dapat melaksanakan tugas dengan baik. Terutama mengangkat derajat dan martabat desa, serta dapat mengatasi kemiskinan di desa-desa. Juga dapat mengelola sumber daya alam yang ada di desa, sehingga dapat dinikmati oleh anak cucu nantinya.
“Hari ini kita juga menandatangani pakta intergritas antara kepala desa dengan pemerintah daerah, serta aparat penegak hukum. Untuk itu, agar kepala desa dapat memanfaatkan anggaran dana desa, guna mensejahterakan masyarakat desanya,” pintanya.

Menurutnya, banyak hasil-hasil laut yang ada pada desa-desa yang kadesnya baru dilantik. Sehingga diharapkan, masing-masing Kades dapat mengelola hasil-hasil tersebut agar dapat menambah PAD desa dan mensejahterakan desanya.

Dan untuk memajukan Kabupaten MBD, lanjut dia, bukan hanya melalui pemerintah daerah. Tetapi adanya kerjasama dengan pemerintah desa, sehingga bersama-sama berkolaborasi membuat program-program untuk membangun desa agar lebih maju dan sejahtera.

Sementara itu, untuk Paulus Yoseph Wolantery dilantik sebagai Kades Luang Barat Antar Waktu Kecamatan Mndona Hyera Kabupaten Maluku Barat Daya Periode 2021 – 2024, melanjutkan sisa masa jabatan Alm, Zadrak Hayer.

Sebelum pengambilan sumpah janji, Bupati MBD melalukan penandatanga MOU antara Pemerintah Daerah Kabupaten MBD dengan Kejaksaan Negeri MBD Nomor 180/64/Mou/MBD/IV/2021 dan Nomor B-126/Q.1.18/65.1/04/2021 tentang Permasalaham Hukum di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara serta Pakta Intergritas antara Pemerintah Daerah dan Aparat Penegak Hukum serta para Kepala Desa yang dilantik, dalam rangka melaksanakan tugas dan tanggung jawab di desa masing-masing. (GEM)

Comment