by

Bupati Minta Masyarakat Ikut Vaksin Tahap II

TIAKUR-BKA, Bupati Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) , Benyamin Thomas Noach, berharap, seluruh masyarakat untuk mengikuti vaksin tahap II.

Harapan itu disampaikan Noach, untuk menindaklanjuti data Satgas Covid-19 Kabupaten MBD, yang menunjukkan adanya penurunan antusias masyarakat untuk berpartisipasi pada program vaksinasi Covid-19 tahap II.

Baca: Dinkes Aru Gelar Swab Test Masal Terhadap Pedagang

“Salah satu upaya pemerintah dalam menjaga kesehatan masyarakat ditengah pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia, yakni, melakukan vaksin. Karena itu, masyarakat jangan menganggap vaksin sebagai pemenuhan administrasi saja,” katanya, Selasa (27/7).

Menurutnya, sejak vaksin ditetapkan sebagai salah satu syarat administrasi, masyarakat kemudian salah mengartikan tujuan vaksin yang sebenarnya. Padahal tujuan utama vaksinasi adalah untuk menjaga dan meningkatkan imun tubuh, agar tidak mudah diserang virus berbahaya itu.

“Saat ini, masyarakat yang telah melakukan vaksin tahap satu dan kemudian telah mengantongi sertifikat vaksin, mulai merasa vaksin tidak lagi dibutuhkan,” ungkapnya.

Karena itu, lanjut Noach, Pemkab MBD akan membuat satu peraturan bagi seluruh masyarakat yang telah melakukan vaksin tahap I namun terlambat mengikuti vaksin tahap II, maka harus kembali melakukan vaksin tahap I.

“Waktu yang ditetapkan untuk vaksin tahap II adalah 14 hari setelah vaksin tahap I. Jadi seluruh masyrakat yang telah mengikuti vaksin, telah diberitahukan waktu pelaksanaan tahap II. Karena itu, bagi Satgas yang bertugas melalukan vaksin harus melihat tanggal dari peserta vaksin tahap II, jika melewati tanggal yang ditetapkan, maka dianggap belum pernah melakukan vaksin,” tegas Noach.

Hal ini bertujuan, agar masyarakat lebih serius dalam mengikuti vaksinasi. Sebab vaksin sangat penting untuk kekebalan tubuh masyarakat.

Baca: Hari Ini Vaksinasi Massal di SBT

“Jika hanya mengikuti vaksin tahap I saja, maka sudah pasti hal tersebut belum sempurna. Efektifitas vaksin, yakni, setelah dilakukan vaksin tahap II. Jika hanya mengikuti vaksin tahap I, maka sudah pasti dapat mempengaruhi kesehatan masyrakat itu sendiri,” pungkas Noach.(GEM)

Comment