by

Bupati Minta Ohoi Berperan Dukung Program Pemerintah

beritakotaambon.com – Bupati Maluku Tenggara (Malra), M Thaher Hanubun, meminta agar setiap perangkat ohoi atau desa untuk berperan aktif, mendukung berbagai program pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

Misalnya, program pemerinta terkait kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, upaya pencegahan korupsi, dan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.

Harapan itu disampaikan Thaher pada rapat koordinasi dan sosialisasi tentang BPJS Ketenagakerjaan, Pencegahan Korupsi, Vaksinasi Covid-19 bagi perangkat ohoi maupun warga, yang digelar di Aula Kantor Bupati Malra, Rabu (8/9).

Menurut Thaher, tiga program pemerintah tersebut sangat penting, untuk diperhatikan karena berkenaan dengan tugas dan fungsi camat, kepala ohoi dan perangkat ohoi.

“Saya berharap, jajaran Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara mulai dari tingkat kabupaten hingga ohoi, tetap terjamin hak-haknya. Karena negara melalui berbagai regulasi dan kebijakannya, telah menyiapkan dan menjaminnya,” terang Thaher.

Untuk BPJS Ketenagakerjaan, ungkapnya, dari 994 tenaga honor yang terdaftar di Pemkab Malra, baru 800 tenaga honor yang terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan.

“Saya mintakan Sekda untuk segera memerintahkan OPD yang belum, yakni, sejumlah 18 OPD untuk segera mendaftarkan pegawai non PNS pada BPJS Ketenagakerjaan, begitu pula setiap kepala ohoi agar segera mendaftarkan perangkatnya ke BPJS Ketenagakerjaan untuk menjadi peserta,” pinta Thaher.

Kemudian untuk pencegahan tindak pidana korupsi, Thaher mengingatkan, kalau korupsi merupakan kejahatan luar biasa. Sehingga setiap kepala ohoi dan perangkatnya, harus berhati-hati dalam pengelolaan Dana Ohoi (Dana Desa) yang sangat besar.

“Kesempatan ini, saya sampaikan bahwa saya sudah tegaskan kepada APIP, dalam hal ini inspektorat, untuk terus memantau dan mengendalikan pengelolaan keuangan desa, termasuk upaya-upaya penegakan hukum bilamana ditemui penyalahgunaan keuangan desa,” tegasnya.

Terkait vaksinasi Covid-19, terang Thaher, merupakan bagian dari program pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus corona.

“Upaya massif ini harus dibantu dengan dukungan seluruh kepala ohoi dan perangkat, sehingga herd immunity atau kekebalan kelompok ini bisa mengalami peningkatan, minimal menjadi 70 persen di Malra,” tandas Thaher.(MG-3)

Comment