by

Bupati Pastikan Stok Pangan Cukup Hingga Lebaran

Ambon, BKA- Pemerintah kabupaten (Pemkab) Buru memastikan ketersediaan stok bahan pangan di Kabupaten Buru, masih mencukupi hingga lebaran Idul Fitri 1442 Hijriyah atau tahun 2021.

Untuk itu, Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi, meminta masyarakat di kabupaten tersebut tidak perlu khawatir soal ketersediaan bahan pangan.

Orang nomor satu di Pemkab Buru itersebut menjelaskan, sektor pertanian menjadi pilar penting dalam menopang pembangunan di Kabupaten Buru.

“Alhamdulillah, syukur stok pangan sampai lebaran ini masih tercukupi, baik itu sembilan bahan pokok maupun beras, sayur dan lain sebagainya,” kata Ramly, kepada BeritaKota Ambon, di Pandopo Bupati Buru, belum lama ini.

Menurutnya produksi beras dari dataran Waeapo tersebut tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan di Kabupaten Buru, tapi juga disuplai ke kabupaten lain yang ada di Maluku. Seperti ke Kabupaten Buru Selatan (Bursel).

“Pertanian di Buru pusatnya di Waeapo. Jadi Buru bahkan bisa suplai ke luar kabupaten,” ujar dia.

Selain itu, Ramly mengatakan, memasuki lebaran Idul Fitri, biasanya harga bahan pokok naik. Tapi untuk tahun ini, dipastikan harga akan stabil. Namun itu memerlukan pengawasan ketat dari dinas terkait.

“Jadi aman untuk pangan di Kabupaten Buru dan kita pastikan untuk harga sembako tetap terjangkau, tidak ada kenaikan harga,” tegasnya.

Bupati Buru dua periode ini berharap, agar para petani yang ada di dataran Waeapo, konsisten dalam memproduksi pangan untuk kebutuhan masyarakat yang ada di Pulau Buru.

“Petani di Waeapo ini kami berharap kepada mereka semua, untuk tetap konsisten,” pungkasnya. (MSR)

Comment