by

Bupati Resmikan Puskesmas Dan Alat Penyulingan Air

beritakotaambon.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara (Malra) terus bergeliat untuk menjawab berbagai permasalahan masyarakat, diantaranya, pelayanan kesehatan, infrastruktur jalan, listrik, telekomunikasi, maupun air bersih. Terutama bagi masyarakat di Pulau Kei Besar.

Salah satu upaya untuk menjawab permasalahan tersebut, Pemkab Malra telah membangun Puskesmas Weduar di Kecamatan Kei Besar Selatan, serta alat penyulingan air laut menjadi air tawar di Kecamatan Kei Besar Selatan Barat.

Kedua proyek tersebut telah diresmikan pemungsiannnya oleh Bupati Malra, M Thaher Hanubun, 4 September lalu.

Saat meresmikan Puskesmas Weduar, Thaher mengatakan, Pemkab Malra telah berupaya dan berproses untuk membangun Puskesmas tersebut, sebagai representatif pemerintah untuk melayani masyarakat di Kei Besar Selatan.

“Ini sendiri menjawab keinginan warga di wilayah Kei Besar Selatan, untuk mendapatkan pelayanan kesehatan,” katanya.

Menurutnya, pembangunan Puskesmas itu sebagai implementasi visi misi Bupati dan Wakil Bupati Malra, yakni, terciptanya masyarakat Malra yang mandiri, cerdas, demokratis dan berkeadilan.

“Tinggal bagaimana pelayanan kesehatan yang baik diberikan kepada masyarakat, melalui tangan-tangan medis yang ada di Puskesmas ini secara manusiawi dan profesional, dengan memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan,” katanya.

Sementara itu, ketika meresmikan sekaligus mencoba alat desalinasi atau alat penyulingan air laut menjadi air tawar yang layak konsumsi di Desa Rahangiar, Kecamatan Kei Besar Selatan Barat, Thaher mengatakan, alat tersebut menjawab kerinduan masyarakat akan pemenuhan air tawar.

Kecamatan Kei Besar Selatan Barat, kata Thaher, masih minim sumber air tawar bagi masyarakat. Terutama pada beberapa desa.

“Air tawar selama ini menjadi kerinduan bagi masyarakat disini, dimana ada sekitar 6 desa yang tidak ada sumber air bersih,” ujar Thaher.

Baca juga: Dua Legenda Olahraga Maluku Diberi Penghargaan

Melihat kondisi tersebut, lanjutnya, Pemkab Malra berusaha menjawab persoalan tersebut, dengan menghadirkan alat desalinasi yang ditempatkan di Desa Rahangiar.

“Alat ini sudah kita resmikan dan uji coba hari ini, dimana hasilnya sangat baik,” pungkasnya.(MG-3)

Comment