by

Bupati Resmikan SPAM Desa Klis

Ambon, BKA- Bupati Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Benyamin Thomas Noach, meresmikan Sistim Penyediaan Air Minum (SPAM) di Desa Klis, Kecamatan Pulau Moa, Senin (21/9).

SPAM yang diresmikan tersebut ditangani oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang MBD, dengan anngaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020.


SPAM tersebut dibangun untuk menjawab kebutuhan masyarakat Desa Klis, dalam hal ini kebutuhan air minum.

Dalam kurung waktu 150 hari, CV. Surya Pratama Raya yang menangani pekerjaan tersebut, berhasil memasang 130 sambungan air bersih ke rumah masyarakat.

Bupati Noach, mengatakan, Pemerintah Pusat (Pempus) maupun Pemerintah Daerah (Pemda) berkewajiban menjawab kebutuhan masyarakat, melalui program-program pembangunan. Salah satunya pemenuhan kebutuhan akan air minum, yang merupakan hak seluruh masyarakat Indonesia.

Dengan demikian, Pemda diwajibkan membangun infrastruktur, agar rakyat dapat menikmati hak pemenuhan hidup dengan benar.

“Saya tidak membawa apa-apa. Saya hanya membawa setitik air untuk masyarakat Desa Klis, agar dapat menikmati air bersih yang menjadi sumber kehidupan manusia. 130 titik yang akan diresmikan pada hari ini, belum menjawab seluruh kebutuhan masyarakat Desa Klis. Sehingga kekurangannya akan dilengkapi pada tahun anggaran berikutnya, karena membangun itu harus secara bertahap. Sedikit demi sedikit, lama-lama akan menjadi bukit, dari pada tidak menampung pasir dan berharap menjadi bukit,” ujar Noach.

Selanjutnya, dilakukan serah terima hasil pekerjaan kegiatan peningkatan SPAM antara Pemda MBD, dalam hal ini Sekretaris Daerah, A. Siamiloy, dengan Kepala Desa Klis. Ini sekaligus menyerahkan bantuan peralatan air isi ulang oleh Bupati MBD kepada IKM Desa Batumiau.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten MBD, Relly Noach, Ketua DPRD MBD, A.P.Tunay, Anggota Komisi C DPRD MBD, Sekretaris Daerah MBD bersama Ibu Itha Siamiloy, Pimpinan OPD lingkup MBD, Camat Pulau Moa, Kepala Desa Klis dan BPD serta masyarakat setempat. (LAM)

Comment