by

Bupati Sampaikan LKPJ 2020

Bupati Seram Bagian Timur (SBT), Abdul Mukti Keliobas, menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggunjawaban (LKPJ) Tahun 2020, sidang paripurna yang digelar DPRD Kabupaten SBT, Senin (24/5).

LKPJ merupakan bentuk keterangan bupati, menyangkut pelaksaan tugas-tugas desentralisasi, tugas pembantuan, dan tugas umum pemerintahan selama tahun 2020.


Bupati Abdul Mukti Keliobas mengatakan, keterangan LKPJ tahun 2020 yang disampaiakan pada paripurna DPRD, merupakan pemenuhan pelaksaan Undang-Undang 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Serta Peraturan Pemerintah Nomor 13 tahun 2020 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Pada paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD SBT, Agil Rumakat, Keliobas mengungkapkan, pelaksaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten SBT tahun 2020, merupakan bagian dari periode terakhir atas pelaksaan RPJMD SBT tahun 2016-2021.


“Maka pencapain sasaran pembangunan dan kinerja tahun anggaran 2020, menjadi bagian yang harus dipertanggungjawabkan,” katanya.

Untuk itu, Keliobas tidak hanya menjelaskan indikator makro pencapaian sasaran program dan kegiatan selama tahun 2020, namun juga sejumlah hal pokok mengenai pengelolaan keuangan daerah tahun 2020.

“Terlebih dahulu, saya juga menyampaikan hal-hal pokok mengenai pengelolaan keuangan daerah,” ucap Keliobas.

Dihadapan pimpinan dan anggota DPRD, Forkopimda serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Bupati SBT dua periode itu mengatakan, banyak program yang belum ditangani secara optimal. Mulai dari penyelenggaran pemerintahan, pelaksaan pembangunan, hingga pelayanan kepada masyarakat.

“Terutama yang berkaitan dengan penaggulangan kemiskinan, keterisolasian, pengangguran, pelayanan pendidikan dan kesehatan. Saya sadar betul, masih banya hal yang belum ditangani secara optimal,” pungkasnya. (SOF).

Comment