by

Bupati SBT Minta Pilkades Digelar Serentak

Ambon, BKA- Bupati Seram Bagian Timur (SBT) Abdul Mukti Keliobas, meminta agar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Jafar Kwairumaratu, untuk segera menjalankan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di tahun ini.
Sebab, banyak guru di Bumi Ita Wotu Nusa yang dimanfaatkan sebagai Penjabat Kepala Desa, hingga melupakan tugas pokoknya.
“Problem ini saya sudah perintahkan Kepala Dinas P3MD Jafar Kwairumaratu untuk melakukan pemilihan kepala desa secara serentak di tahun 2021,” ucap Keliobas, kepada wartawan, Minggu (2/5).

Kata dia, percepatan Pilkades serentak itu sebagai upaya mengembalikan semua guru yang menjabat sebagai kepala desa, untuk bisa menjalani tugas pokoknya sebagai guru. Sebab banyak temuan di lapangan, para guru yang jadi penjabat kepala desa itu tidak menjalani tugasnya sebagai guru.

“Tapi, kondisi yang kita temukan di lapangan ternyata berbeda atau terbalik. Mereka (guru) lebih banyak melaksanakan tugas sebagai kepala desa ketimbang jalankan tugas sebagai guru atau pendidik,” sebut Keliobas, yang didampingi Wakil Bupati SBT, Idris Rumalutur.

Terkait hal itu, lanjut dia, menjadi tantangan yang luar biasa bagi Pemerintah Kabupaten BST. “Ini sebuah tantangan yang luar biasa untuk saya. Sekarang, memang tenaga guru lebih banyak dimanfaatkan untuk menjadi penjabat kepala desa,” katanya.
Dituturkan, menjadi penjabat kepala desa hanya tugas tambahan. Namun dia mengingatkan para guru agar tidak boleh mengabaikan tugas pokok selaku tenaga pendidik. “Ingat bahwa itu tugas tambahan, jangan lupa tugas pokoknya,” tuturnya.
Di kesempatan yang sama, Kepala BKD SBT M. Nasir Rumata menambahkan, perekrutan kepala desa nantinya tidak akan melibatkan tenaga guru maupun kesehatan. Sebab menurutnya sangatlah mengganggu pelayanan dasar pada dua bidang tersebut. (SOF)

Comment