by

Buru Suplai Pangan ke Kabupaten Bursel

Ambon, BKA- Sektor pertanian menjadi pilar penting dalam menopang pembangunan di Kabupaten Buru.

Untuk itu, Bupati Buru, ramly Umasugi, berupaya untuk menjadikan kabupaten itu menjadi penyuplai pangan untuk kawasan Indonesia Timur.

Memang potensi pertanian di Kabupaten Buru sangat menjanjikan, karena didukung oleh lahan pertanian yang luas dan subur.

Namun untuk memajukan hal tersebut, harus didukung oleh pembangunan infrastruktur yang memadai untuk membantu pendistribusian hasil pertanian itu.

“Apa yang sudah kita lakukan ini harus kita pertahankan. Saya sudah jalan ke beberapa kabupaten di Maluku. Lalu saya bandingkan antara Kabupaten Buru dan kabupaten-kabupaten yang sudah saya singgahi. Alhamdulillah syukur. Orang boleh bicara, tapi kita ini hanya kalah ekspor, cuma kalah publikasi. Kita punya daerah ini dibandingkan dengan empat kabupaten yang saya kunjungi, jauh beda sama sekali. Kita sangat maju sama sekali,” kata Ramly, dalam sambutannya pada acara pelantikan penjabat kepala desa, beberapa waktu lalu.

Lanjutnya, Kabupaten Buru telah menyuplai hasil pertanian ke Kabupaten Buru Selatan. “Jangan banyak-banyak kita ke Kabupaten Buru Selatan saja bagimana? Kita ke Kabupaten Buru Selatan, lalu kita duduk di pintu masuk situ, di Desa Oki setiap hari kita lihat mobil yang masuk dari unit berapa? Mobil masuk dari unit itu bawah apa? Semua bawah sayur, bawah bahan pangan beras dan sayur dan sebagainya. Bawah kebutuhan sembilan bahan pokok dan sebagainya dengan truk-truk besar. Semua lewat Buru. Itu artinya, Buru sudah jauh lebih maju dari Kabupaten Buru Selatan,” ungkapnya.

Tak hanya dari hasil pertanian, dari sektor pembangunan kota kabupaten di Buru Selatan masih berbeda jauh. Tingkat pertumbuhan ekonomi masyarakat pun berbeda.

“Lalu kita bandingkan infrastruktur kota kabupaten Namrole dengan tingkat pertumbuhan ekonomi dan kebutuhan masyarakat di Waeapo. Kita bandingkan saja, beda jauh. Namrole dia pung bagus sadiki saja di depan kantor bupati dengan dia punya jalan seperti kita punya disini. Itu saja,” bebernya.

Selain itu, jika dibandingkan dari segi pembangunan infrastruktur Kabupaten Buru Selatan dan beberapa kabupaten lain di Maluku, kabupaten ini masih tertinggal jauh dari pembangunan yang ada di Kabupaten Buru. Jadi jika dibandingkan beberapa kabupaten itu, masih bisa bersaing dengan kecamatan yang ada di Kabupaten Buru.

“Itu harus terus kita kembangkan. Ada beberapa kabupaten yang saya sudah kunjungi, mereka punya ibu kota kabupaten saja, Alhamdulillah syukur, kita punya Waeapo masih menang. Kita punya Air Buaya beda-beda tipis saja. Apalagi desa, saya langsung datang ke desa-desa dibeberapa kabupaten. Maka dari itu, ini yang harus kita jaga dan kita kembangkan,” pungkasnya. (MSR)

Comment