by

BWS Inkar Janji, Asrama Soar Pito Soar Pa Belum Dibangun

Ambon, BKA- Warga Kabupaten Buru kembali mempertanyakan pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku, yang terkesan inkar janji untuk merealisasi pembangunan asrama Soar Pito Soar Pa.

Asrama Soar Pito Soar Pa sebelumnya dijanjikan oleh BWS Maluku untuk dibangun di Kota Ambon, bagi mahasiswa adat Kabupaten Buru yang tengah kuliah di Kota Ambon.

Janji itu merupakan salah satu poin yang menjadi tuntutan warga adat Kabupaten Buru, sebagai kompensasi lahan mereka yang terpakai pada mega proyek pembangunan Bendungan Waeapo.

Bendungan Waeapo merupakan salah satu proyek strategis Presiden Joko Widodo di Indonesia Bagian Timur, yang menelan anggaran sebesar Rp 2 triliun lebih dari APBN.

Meskipun sebagian tuntutan warga telah dipenuhi pihak BWS, seperti pemberian santunan sebesar Rp 36 miliar bagi 40 KK pemilik lahan, maupun sejumlah tuntutan lainnya, namun sayang, pihak BWS terkesan cuek dan diam saja untuk merealisasi pembangunan asrama Soar Pito Soar Pa yang menjadi harapan sejumlah mahasiswa asal Buru di Kota Ambon.

Salah satu perwakilan warga adat dari marga Latbual, Sami Latbual, mengaku, dari sekian point kesepakatan, hanya asrama “Soar Pito Soar Pa” yang belum direalisasi pihak BWS.

“Jadi sehubungan dengan sejumlah kesepakatan itu, yang dibuat antara BWS dengan pemerintah bersama dengan masyarakat adat, sebagian besar sudah direalisasikan.
Namun sayangnya, hanya tinggal asrama Soar Pito Soar Pa yang belum direalisasikan,” katanya, Sabtu (6/3).

Karena belum juga direalisasikan, katanya, membuat warga adat yang hak ulayatnya digunakan dalam pembangunan Bendungan Waeapo, kembali mempertanyakan itu.
Sebab keberadaan asrama yang dijanjikan BWS tersebut, terangnya, sangat dibutuhkan oleh mahasiswa Kabupaten Buru yang berkuliah di Kota Ambon.

“Kami tidak tau kendalanya dimana. Tapi sepengetahuan saya, dalam proses pembangunan asrama, antara BWS dan Pemda Buru ada sharing. Menurut info yang kami dapat, bahwa BWS akan berkoordinasi dengan Pemda Buru, karena ada yang Pemda Buru siapkan dan ada yang BWS siapkan. Namun sampai saat ini, warga masih menunggu dari BWS, kapan mendapat jawabannya dari pembangunan asrama tersebut,” pungkas mantan anggota DPRD Buru dua priode dan mantah wakil DPRD Buru Selatan (Bursel) itu.
(RHM)

Comment