by

Camat Sirimau Dukung Upaya Pemkot

Ambon, BKA- Camat Sirimau, M. A. Waliulu sangat mendukung upaya yang akan dilakukan Pemerintah Kota Ambon terkait mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini untuk meluruskan opini masyarakat terkait pelayanan publik yang sesuai prosedur tanpa mengharapkan orang terdekat di pemerintahan.

“Apapun yang bersifat baik dan tidak keluar dari aturan perundang-undangan, saya sangat mendukung. Itupun juga untuk kebaikan masyarakat dan kita Pemerintah Kota Ambon,” ungkap Ema, saat dikonfirmasi koran ini via seluler, Selasa (27/4).

Menurut Ema, jika terealisasi apa yang sementara diupayakan itu, maka masyarakat akan menghargai prosedur di lingkup Pemerintah Kota Ambon. Dengan begitu, pelayanan masyarakat akan berjalan dengan baik tanpa mengandalkan orang orang dalam.
“Kalau itu sudah terealisasi, saya sangat bersyukur. Itu juga untuk membawa masyarakat agar dapat mematuhi aturan. Karena semua ada prosedur. Kalau berurusan dengan pemerintah, maka harus lewat pemerintah desa atau lurah terlebih dahulu,” sebutnya.

Diberitakan sebelumnya, Ema juga mengaku, kerap terjadi di kalangan masyarakat karena faktor kedekatan dengan seorang pimpinan atau pejabat di sebuah instansi, sehingga masyarakat lebih memilih jalur alternatif dalam pengurusan administrasi dan sebagainya karena dinilai cepat dan lancar, tanpa melalui prosedur yang telah ditetapkan.

Padahal, masyarakat tersebut tidak sadar, bahwa tindakan itu sangat bertentangan dan tidak menghargai tupoksi pemerintah setempat yang ada, seperti lurah maupun camat.

Hal inilah yang sementara diperbaiki, dengan mengoptimalkan pelayanan masyarakat di Pemerintah Kota Ambon. Agar tidak ada lagi masyarakat yang menggunakan cara alternatif tersebut. Sehingga mekanisme pelayanan di lurah maupun camat menjadi terarah.

“Sebagian warga kalau mau mengurus sesuatu tidak ikut mekanisme yang berlaku. Mereka lebih banyak memakai cara alternatif. Yang mana keluhan mereka tidak sampaikan langsung ke Camat. Tapi ke pimpinan dari camat di wilayahnya,” pungkasnya baru-baru ini.

Ema juga berharap, seluruh warga yang bermukim di kota bertajuk Manise ini, dapat menghargai apa yang sudah diatur dalam pelayanan di pemerintahan. Sehingga tidak menimbulkan kecemburuan sosial diantara mereka.

“Warga perlu memahami prosedur dan tahapan, sehingga pada tiap daerah atau wilayah kecamatan masyarakatnya bisa merasakan sentuhan pemerintah. Sekaligus efeknya adalah optimalnya sistim pemerintahan di Kota Ambon. Saya harap warga dapat mengerti itu,” pungkasnya. (IAN)

Comment