by

Capaian Vaksinasi di Ambon 74,9 Persen

beritakotaambon.com – Total capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Ambon per tanggal 9 Oktober pekan kemarin, telah mencapai 205.206 jiwa atau 74,9 persen. Jumlah ini sesuai data yang dimiliki Satgas Covid-19 Kota Ambon.

Jubir Satgas Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriansz, kepada wartawan, Selasa (12/10) mengaku, dari jumlah masyarakat di kota Ambon, baru sebesar 74,9 persen yang tervaksin. Hal ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara kelompok atau herd immunity, agar tidak mudah terpapar Covid-19.

Dijelaskan, Pemerintah Kota Ambon sudah dua kali gelar program selebrasi vaksinasi Covid-19, yang dipusatkan di Tribun Lapangan Merdeka. Untuk program vaksinasi yang kedua ini, masih tetap berjalan hingga Kamis (14/10) besok.

Baca juga: Pencari Kerja di Ambon Tembus 5.000 Orang

“Capaian selebrasi vaksinasi pertama 74,9 persen atau 205.206 jiwa dari target 274.194. Sementara untuk vaksinasi tahap kedua dari total 274.194 jiwa yang telah tervaksin 116.92 atau 42,3 persen,” sebut Joy.

Ia juga menjelaskan, capaian vaksinasi di Kota Ambon paling tertinggi dari seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Maluku. Dan hal tersebut, atas kerja sama semua pihak.

“Capaian vaksinasi di Kota Ambon sekarang ini tidak terlepas dari kerja sama seluruh pihak, untuk bersinergi dalam mempertahankan dan meningkatkan pencapaian target vaksinasi,” tuturnya

Seluruh upaya ini, sambung dia, tidak lepas dari peranan perangkat desa/negeri maupun kelurahan hingga RT/RW. Yang sangat penting sebagai ujung tombak pemerintahan, karena bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Baca juga:
Tujuh Nama Bersaing Rebut Posisi Sekkot Ambon

“Kita berharap perangkat desa dapat menggerakkan warga khususnya lansia yang merupakan kelompok rentan, untuk menerima suntikan vaksin. Sehingga capaian vaksinasi di Kota Ambon terus meningkat,” pintanya.

Joy yang juga Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kota Ambon ini sangat optimis, di akhir Desember 2021 target vaksinasi sudah mencapai 100 persen. “Artinya bahwa dengan pencapaian yang cukup baik, kami optimis bulan Desember mendatang sudah 100 persen masyarakat kota Ambon yang sudah selesai vaksin tahap pertama,” tutupnya. (IAN)

Comment