by

Cegah Banjir, Honipopu Gencar Bakti Sosial

Cegah Bencana banjir saat musim penghujan, Kelurahan Honipopu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon gencar melaksanakan bakti sosial. Bakti tersebut dipusatkan di sekitar sungai Batu Gajah, kawasan Jalan Baru.

Pembersihan sungai itu dilakukan oleh Komunitas Peduli Sungai (KPS) Lestari dan Komunitas Peduli Sungai (KPS) Kitang-kitang. Dua komunitas ini merupakan komunitas kelurahan yang turut dibantu sejumlah mahasiswa KKN.

Kepala Lurahan Honipopu, Novriel Yusuf mengatakan, bakti sosial itu dilakukan di beberapa daerah rawan banjir. Salah satunya Sungai Batu Gajah, yang dimulai dari Jalan Baru menuju belakang Masjid Raya Al Fatah.

Ia menjelaskan, beruntung saat musim hujan beberapa hari lalu tidak menyebabkan banjir. Karena adanya pembangunan saluran drainase oleh Pemprov Maluku.

“Hujan-hujan kemarin itu belum banjir, masih terkontrol dengan baik. Karena adanya bantuan pembuatan drainase oleh dinas PU,” ucap Novriel, kepada koran ini, Rabu (2/6).

Ia menambahkan, bakti sosial yang dilakukan itu akan menjadi agenda rutin Kelurahan Honipopu untuk membersihkan sungai tersebut, khususnya lingkungannya. Sehingga diharapkan, masyarakat tidak lagi membuang sampah disekitar kali tersebut agar tidak tercemar dan bisa menyebabkan banjir.

“Kalau masyarakat bisa jaga kebersihan, otomatis kemungkinan terjadi bencana itu sangat minim. Intinya semua butuh kesadaran dari diri masing-masing,” pesannya. (BKA-2)

Comment