by

Cegah Banjir, Pemdes Waekasar Bangun Drainase

Ambon, BKA- Pemerintah Desa (Pemdes) Waekasar, Kecamatan Waeapo, Kabupaten Buru, melakukan pembangunan gorong-gorong atau drainase menggunakan anggaran Dana Desa (DD) tahun 2020.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Waekasar, Imam Sukaeni, mengungkapkan, pembangunan drainase dengan panjang 5 meter dan lebar 1 meter tersebut merupakan pemanfaatan DD, dalam upaya mengantisipasi terjadinya banjir atau genangan air saat musim hujan.


“Walaupun dana itu memang terkuras untuk Covid, tapi kita masih sisipkan sebagian untuk beberapa pembangunan yang kita laksanakan. Salah satunya ada pembangunan gorong-gorong, itu merupakan kebutuhan desa kami,” kata Imam, kepada BeritaKota Ambon, Selasa (19/1).

Menurut dia, setiap musim hujan, banyak lokasi yang tergenang air. Bahkan melimpah ke pemukiman warga, akibat saluran air yang tidak baik.

“Tujuannya meminimalisir genangan air. Biasanya, kalau sampai musim hujan datang, pasti terjadi banjir. Jadi kita harus antisipasi memang, sebelum musim hujan itu datang,” ungkapnya.


Untuk itu, dia berharap, Pemerintah Kabupaten Buru dan Pemerintah provinsi Maluku, bisa berpartisipasi untuk membantu mengatasi masalah masyarakat Desa Waekasar. Terutama terkait bantuan kegiatan pembangunan fisik, khususnya di bidang infrastruktur.

“Kami berharap sungguh kepada pemerintah dalam hal ini pemerintah kabupaten maupun pemerintah provinsi, untuk bagaimana kita bisa bekerja sama untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur, khusunya di Desa Waekasar,” pungkasnya. (MG-1)

Comment