by

Cegah Banjir, Warga Karpan Keruk Drainase

Memasuki musim penghujan, Kelurahan Karang Panjang, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, gotong royong bersama warga melakukan pengerukan saluran drainase yang ada. Demikian disampaikan Kepala Lurah Karpan, Dita, kepada koran ini, Selasa (18/5)

Ia mengatakan, beberapa titik lokasi yang ada dikawasan Kelurahan Karpan, rawan terhadap banjir dan longsor. Apalagi memasuki musim penghujan saat ini.

“Tahun kemarin saat musim penghujan, banyak lokasi di Karpan yang terkena banjir dan longsor,” sebutnya.

Ia menjelaskan, bencana banjir dan longsor yang terjadi di lingkungannya tahun kemarin, disebabkan tersumbatnya saluran drainase serta akibat curah hujan yang tinggi. Sehingga air meluap dan mengakibatkan banjir.

“Longsor yang terjadi juga, karena memang pada saat itu curah hujan sangat tinggi dan tidak henti-henti. Untungnya tidak ada korban pada kejadian tersebut. Hanya kerugian material saja dan itupun sudah di perhatikan pemerintah,” jelasnya

Untuk antisipasi hal tersebut, lanjut Dita, pihak kelurahan bersama warga melakukan pengerukan saluran drainase agar saat turun curah hujan yang tinggi, air mengalir lewat saluran dengan baik.

“Kalau salurannya sudah di lakukan pengerukan, otomatis air hujan yang turun dapat mengalir dengan baik tanpa adanya sumbatan dari sampah-sampah,” ucap Dita

Ia berharap, di tahun 2021 ini tidak lagi ada bencana alam yang akan merugikan masyarakat seperti di tahun kemarin.

“Sudah sangat banyak bencana yang terjadi, sehingga masyarakat sangat dirugikan dalam hal itu. Semoga saja di tahun ini tidak ada bencana alam yang merugikan masyarakat di kelurahan,” harapnya (BKA-2)

Comment