by

Cegah Bencana, Batu Meja Gencar “Jumpa Berlian”

Keluraha Batu Meja, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, bersama warga dan mahasiswa KKN, gencar melakukan Jumat Pagi Bersih Lingkungan (Jumpa Berlian) di sekitar bantaran Kali Waitomu, Skip, Jumat (21/5). Kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi bencana selama musim penghujan.

Kepala Lurah Batu Meja, Sitty Tuanaya mengatakan, selain antisipasi bencana, Jumpa Berlian juga dilakukan untuk menunjang program Pemerintah Kota Ambon, terkait kebersihan kota yang menjadi skala prioritas.

“Hal ini juga akan menjadi agenda rutin kami selaku pihak kelurahan, agar lingkungan selalu terlihat bersih,” ujar Tuanaya, kepada koran ini, Jumat (21/5).

Dijelaskan, untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, kegiatan Jumpa Berlian yang dilakukan itu turut melibatkan warga Kelurahan Karang Panjang (Karpan) yang tinggal di seputaran Kali Wai Tomu.

Yakni tak hanya membersihkan lingkungan, namun pemberian edukasi terkait kebersihan lingkungan juga disosialisasikan pihak kelurahan Batu Meja kepada mayarakat, yang bergotong royong memilah sampah di sekitar kali tersebut.

“Akan tidak optimal bila kebiasaan buruk membuang sampah ke kali ini dipelihara. Sekalipun dari pihak Kelurahan Karang Panjang berupaya untuk melakukan bakti massal sekalipun, kita butuh kerjasma yang baik, sama-sama gotong royong membershkan kali tersebut,” ucap Tuanaya

Dia berharap, masyarakat bisa lebih sadar dan cerdas dalam penanganan sampah lingkungan. Agar kesehatan diri dan lingkungan tetap terjaga dengan baik.

“Kalau lingkungan bersihkan dipandangnya enak, baik, sehat, orang yang berkunjung di lingkunganpun merasa nyaman. Serta juga bisa bebas dari penyakit karena lingkungan sehat. Untuk itu, dengan adanya kegiatan ini serta edukasi yang tadi sudah diberikan, masyarakat bisa lebih sadar dan bisa menjaga ingkungan tetap terlihat bersih,” harapnya. (BKA-2)

Comment