by

Cegah Bencana, Damkar Tebang Puluhan Pohon

AMBON-BKA, Cegah bencana alam di musim penghujan disertai angin kencang, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Ambon menebang puluhan pohon yang dianggap berpotensi tumbang.

Untuk tahap I, sekitar 50 pohon telah ditebang pada kawasan perumahan dan tepi jalan Kota Ambon, yang dianggap rawan ketika terjadi angin kencang.

“Kita diminta untuk mengevaluasi seluruh pohon yang berpotensi tumbang. Karena bisa membayangkan masyarakat,” ungkap Kepala Damkar dan Penyelamatan Kota Ambon, Edwin Pattikawa, Selasa (10/8).

Edwin mengaku, pihaknya saat ini masih melakukan kegiatan tersebut. Baik hanya memangkas pohon atau menebang secara langsung dari bawah.

“Paling banyak warga meminta itu, kita menebang habis. Sementara kalau di jalan protokol kita paling banyak melakukan pemangkasan saja,” ujarnya

Baca juga:
PPKM Level III Masih Berlanjut

Dan untuk tahap II, lanjut dia, pihaknya akan melakukan pemangkasan atau penebangan pohon yang sudah menjadi sasaran sebanyak 50. Yakni tersebar di beberapa titik di Ibukota Provinsi Maluku ini.

“Ada kurang lebih untuk tahap kedua ini 50 pohon. Baik itu yang ditebang habis maupun hanya dipangkas. Kalau di jalan protokol paling banyak dipangkas,” sebutnya.

Ia berharap, dengan kegiatan yang sementara dilaksanakan pihaknya ini, bisa mencegah korban jiwa ketika terjadi hujan deras dan angin kencang.

“Kita harap yang kita laksanakan ini, adalah langkah antisipasi dampak curah hujan tinggi dan angin kencang. Jangan sampai terjadi pohon tumbang atau patah yang bisa menimpa warga. Ini yang kita jaga,” pungkasnya. (IAN)

Comment