by

Cegah Covid, Pemdes Poka Semprot Desinfektan

Ambon, BKA- Pemerintah Desa (Pemdes) Poka Kecamatan Teluk Ambon melakukan penyemprotan desinfektan disejumlah titik.

Penyemprotan dilakukan Oleh Pejabat Kades Poka Erick van Room di Gedung Gereja dan Mesjid di Poka pada Hari Jumat tgl 18 September 2020 dengan melibatkan Relawan Gugus Tugas Covid 19 Desa Poka. Penyemprotan disinfektan pada tempat Ibadah (Mesjid dan Gereja) serta Kantor Desa Poka.


” Jadi kami melakukan penyemprotan desinfektan di tempat berkumpul orang. Misalnya di tempat ibadah seperti gereja dan masjid. Selain itu juga kami semprotkan di kantor desa. Kami memilih tempat- tempat itu karena merupakan titik pelayanan publik baik untuk beribadah maupun melakukan kegiatan masyarakat seperti di kantor desa. Kami melibatkan relawan gugus tugas covid-19 desa Poka, ” tutur Erick Van Room Pejabat Desa Poka.

Van Room juga mengakui, Kegiatan ini bentuk dari konsistensi Pemerintah Desa Poka bersama Relawan gugus Tugas Covid 19 untuk memutus mata rantai penyebaran Virus covid 19 di Desa Poka. Tempat ibadah dan Kator Desa dijadikan sasaran utama karena merupakan tempat dilakukan akitivitas peribadatan umat dan jemaah baik di Gereja atau di Mesjid.

Sementara di Kantor Desa adalah tempat “pelayanan publik, sehingga perlu dilakukan intervensi kegiatan lebih serius untuk menekan angka pertambahan jumlah orang yg terconfirmasi. Selain itu masyarakat terus di berikan edukasi untuk mengikuti protokoler kesehatan dengan memakai masker,mencuci tangan serta menjaga jarak “jelansya.

Pemerintah Desa memberikan apresiasi Kepada Kepla Puskesmas Poka-Rumah tiga yg turut membantu melakukan pencegahan dan pemularan Virus Covid 19 dengan turun langsung bersama gugus tugas dan juga terus berkoordinasi untuk langkah-langkah startegis penanganan covid 19. Terima kasih juga disampaikan kepada Gugus Covid tingkat Kota Ambon yg juga selalu mensuport desa-desa negeri serta kelurahan termasuk Desa Poka untuk penanganan pencegahan Penularan Virus Covid 19.

Dirinya juga mengakui karakteristik Desa Poka yg terbuka dapat membuat desa poka rentang dengan penyebaran Virus Covid 19.” Desa poka ini terbuka dalam arti menerima pendatang dari luar seperti mahasiswa. Maka perlu dilakkukan sentuhan kegiatan yg dapat meminimalisir penyebaran virus covid 19 termasuk melakukan penyemprotan disinfektan, ” Tutupnya. (MG-1)

Comment